Adam atau Manusia Purba ?(New Update)

Posted on Updated on

Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita tentang asal usul manusia yang barangkali sahabat bloger semua sudah ada yang tahu akan hal ini. Postigann ini adalah postingan ke-2 ketika saya baru memulai ngeblog.

Berapa tahun anda belajar Sejarah? “Ntahlah, saya pun lupa”, barangkali itu jawaban teman-teman kita yang mungkin memang acuh tak acuh alias masa bodo dengan mata pelajaran yang satu ini. Tak bisa dipungkiri, saya pun memang kurang demen dengan pelajaran Sejarah yang bikin saya mumet. Di zaman saya, waktu saya sekolah dulu pelajaran Sejarah sudah ada sejak saya duduk di kelas 4 SD. Waktu itu masih mencakup tentang zaman kerajaan-kerajaan Indonesia sampai zaman penjajahan Jepang. Setelah saya SMP, topiknya berubah ke masalah zaman manusia purbakala.

Manusia purba yang pertama ditemui di Indonesia kalau tidak salah namanya Meganthropus Paleojavanicus, ditemukan di desa Sangiran Jawa Tengah. Penemunya lupa saya siapa namanya?:). Kemudian Pithecantropus Erectus ditemukan setelah itu. Ditemukan dimana saya tidak ingat, tapi saya ingat nama penemunya.. “Eugene Dubois“:). Ternyata saya masih ingat sedikit tentang itu. Begitulah saya, walaupun belajarnya setengah hati tapi nilai Sejarah saya tak pernah di bawah angka 80. Bangga sekali..🙂 SMP kelas satu, saya tak pernah berfikir kenapa di dalam buku nenek moyang kita adalah homo sapiens & apa hubungannya dengan Nabi Adam yang ditakdirkan oleh Allah menjadi manusia pertama yang menghuni bumi ini.

SMA kelas satu, tepatnya sebelum diakukan penjurusan pada waktu itu. Saya pernah bertanya kepada Guru Sejarah saya ketika sesi tanya mengenai materi “Kehidupan Masa Pra-Sejarah” dibuka. “Apakah Nabi Adam sejenis manusia Purba pak?”. Pertanyaan saya  ini saya keluarkan setelah teman-teman lain tidak ada lagi yang ingin bertanya. “Hmm, sebenarnya pertanyaan inilah yang dulu pernah Bapak tanyakan sendiri kepada Dosen ketika Bapak kuliah.” “Tapi beliau juga pun belum bisa menjawab pertanyaan itu. “Ilmu pengetahuan itu terkadang mentoknya dengan agama” ,tambahnya. Apa boleh buat pertanyaan itu terkubur selama 3 tahun.

Pada saat kuliah semester satu saya dapat mata kuliah umum “Agama Islam” yang salah satu materinya membahas tentang “Asal Usul manusia menurut Islam”. Dari mulai air mani yang hina, melekatnya sperma pada ovum, sampai unsur-unsur tubuh manusia. Tanpa saya duga, rupanya pembicaraan mulai beralih ke manusia purba. Dan tanpa ada seorang pun yang bertanya sang Dosen lebih dulu menjelaskan tentang apa yang pernah saya tanyakan 3 tahun silam. Sekilas tentang dosen saya ini, beliau adalah wakil rektor di sebuah universitas ternama di bilangan Jakarta yang masih mau mengajarkan agama Islam di kampus saya. Ah, sungguh mulia. Beliau menjelaskan bahwa nenek moyang manusia adalah Adam, meskipun harus diakui bahwa Manusia Purba lebih dulu ada daripada Adam. “Coba buka Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 30 dan bacakan ayatnya sekaligus terjemahannya!”, kata beliau seraya menunjukkan salah satu mahasiswa untuk membacakannya.

Berikut potongan QS. Al-Baqarah: 30

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat:’Sesungguhnya aku hendak menjadikan seseorang Di muka bumi.’Mereka berkata: ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?’ tuhan berfirman: sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.’”

Renungkanlah percakapan antara Allah dengan Para Malaikat yang terkandung dalam ayat ini, sekaligus gunakan logika kita. Bagaimana Malaikat yang tidaklah pernah diberi unsur kreativitas dan daya analisis berfikir oleh Allah bisa mengetahui bahwasanya manusia itu suka saling membunuh? Kecuali Malaikat itu sendiri pernah melihat secara langsung. Ingatlah para malaikat hanya diberi ruh oleh Allah, tidak seperti kita manusia yang juga mempunyai nafs/jiwa yang bisa menampung ilmu pengetahuan, punya kreatifitas serta inovasi. Para malaikat sebelumnya sudah disetting oleh Allah sesuai kapasitas dan tugasnya masing-masing, ada yang menjaga Neraka, menjaga surga, mencabut Nyawa, menyampaikan wahyu, bahkan hanya sujud kpd Allah swt.

Itulah sebabnya mengapa manusia bisa lebih mulia daripada Malaikat dan bisa lebih hina dari binatang.

Secara ilmiah juga sudah terbukti, menurut test unsur carbon Bang Adam dan keturunan terdekatnya belum lebih dari 10 ribu tahun, sedangkan manusia purba ada yang sudah berumur 1 juta tahun. Jadi memang PURBA lebih tua dari manusia. Dilihat dari tingkah lakunya, manusia purba lebih mirip kepada binatang yang hanya mengandalkan insting, sehingga suka berpindah-pindah tempat (nomaden). Dengan demikian gugur sudah teori Evolusi Darwin yang sejak dini sudah kita pelajari..🙂

49 thoughts on “Adam atau Manusia Purba ?(New Update)

    bocahbancar said:
    July 21, 2009 at 4:06 am

    HHmm..tetep meyakini bahwa manusia pertama itu yang Nabi Adam AS..

    Salam semangat Bocahbancar……

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 7:41 am

      Ya, pasti itu.. Bukankah mempercayai Nabi trmasuk rukun Iman..
      Trims atas kunjungan nya.

    yangputri said:
    July 21, 2009 at 5:45 am

    nice blog bro…

    thx dah mampir ke blog aku..

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 7:42 am

      thnks jg udh kunjung balik🙂

    rigih said:
    July 21, 2009 at 6:51 am

    mantabz mas ulasannya. membuka pengetahuan baru..
    mo buka buku tafsir dlu tentang ayat itu ah…
    sp th ada hadist ato atsar yg berhubungan..

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 7:44 am

      Silakan dicari lg hadis yg brhub dg ini mas.. Kl bs lbih dprdalam lg knp tidak? Dan sebar luaskn lah jika sdh mnemukan nya.
      Salam hangat🙂

    KangBoed said:
    July 21, 2009 at 8:21 am

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    KangBoed said:
    July 21, 2009 at 8:22 am

    WAH.. BINGUNG JUGA YAAAAA.. HEHEHE

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 10:32 am

      Bingung wae kang..hehe
      Salam hangat🙂

    nakjaDimande said:
    July 21, 2009 at 8:34 am

    bundo pernah baca juga bahwa.. makhluk purba memang diakui ada didalam Al Qur’an.. sehingga ada penyebutan yang berbeda antara manusia [keturunan Adam] dan makhluk purba tsb..

    dowh bundo lupa sumbernya.. ntar cari dulu yaaa..

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 10:36 am

      Silakan bun, ntr kasi tw saya..🙂

        nakjaDimande said:
        July 31, 2009 at 11:55 am

        bundo ingat di agus mustofa.., yang judulnya ternyata Adam dilahirkan. tapi tentu saja itu hanya pendapat seorang manusia.. yang pasti Allah selalu sempurna dalam penciptaanNYA.

    bundadontworry said:
    July 21, 2009 at 9:08 am

    Hikmah yg dapat diambil dr surah al-baqarah ayat 30 tsb, Allah swt :
    1. mengisyaratkan sosialisasi suatu kebijakan diperlukan sebelum ditetapkan.
    2.Allah swt yg jelas2 Maha Kuasa memberi kesempatan perbedaan pendapat dgn malaikat.
    3.selanjutnya malaikat menonjolkan sifat2 baik dirinya, mengungkapkan keburukan2 manusia, ini adalah hal yg sah2 saja, buktinya Allah swt tdk menghardik malaikat.
    salam.

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 10:40 am

      Ya bun, selalu ada hikmah di dalam al-quran.. Oleh sebab itu kita senantiasa dianjurkan membaca tafsiran al-quran..
      Salam hangat🙂

    guskar said:
    July 21, 2009 at 9:43 am

    ketika Allah menciptakan Adam dulu, tentu Dia tidak sedang iseng. Kesempurnaan penciptaan manusia benar-benar dijaga olehNya, demi tugas utama yg akan diemban manusia menjadi khalifah di bumiNya.

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 10:59 am

      Ya gus, pasti itu🙂

    riy4nti said:
    July 21, 2009 at 1:24 pm

    ini dia doeloe yg jadi unek2 aku juga sewaktu masih skul, apa mbah Adam itu termasuk manusia purba?? huehehehe

    Manusia purba itu ditemukan pertama di mana yach?? klo mbah Adam sendiri diturunkan dmn?? cb digandeng jadi 1 trus kesimpulannya gmn? huehehe *nyambung ga sich*

    Salam sayank

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 5:39 pm

      Kl manusia purba di Ina ditemukan di Sangiran. Kl Bg Adam nya saya jg ga tw, Cba tanya mbah google de🙂
      Trims sdh mw brkunjung

    Bloging For Beginners said:
    July 21, 2009 at 2:46 pm

    bentar lagi bulan ramadhan nih
    maseta –> Bloging For Beginners

      Afif responded:
      July 21, 2009 at 5:42 pm

      ok mas

    WANDI thok said:
    July 21, 2009 at 11:20 pm

    Hmm, tidak ada teori manusia yang benar tentang kejadian mereka sendiri, yang benar hanyalah teorinya 4JJI, semua teori manusia yang mengaku Darwin laknatulloh itu hanyalah anteknya Yahood! belaka mas. Yakinlah sumpah dengan 4:1

      Afif responded:
      July 26, 2009 at 11:01 am

      Sip pak guru🙂

    Afif responded:
    July 21, 2009 at 11:26 pm

    Seharusnya mata pelajaran biologi pelajar kita sdh tak membahas lg teori darwin..

    phiy said:
    July 22, 2009 at 1:40 am

    aku juga ngga terlalu percaya sama teori evolusinya darwin. bodo amat lah dibilang penghiatan ilmu. Toh ilmu kan juga harus diragukan. Apalagi ilmu di luar kitab yang kita yakini. Iya ga, iya ga?

    salam kenal ya mas..
    mahasiswa PNJ kah?

      Afif responded:
      July 26, 2009 at 11:01 am

      Ya mbak🙂

    zulhaq said:
    July 22, 2009 at 2:13 am

    banyak teori yang di buat oleh ilmuwan bertentangan dengan al-quran dan hadits….subhanallah

      Afif responded:
      July 26, 2009 at 11:03 am

      Itulah hebatnya Al quran. Semua;a sdh trtera sblm manusia memikirkannya🙂

    kenangamu said:
    July 22, 2009 at 2:37 am

    ampe sekarang pun aku masih blum paham mengenai manusia purba

      Afif responded:
      July 26, 2009 at 11:05 am

      hrs paham dong🙂

    KangBoed said:
    July 22, 2009 at 9:56 am

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk semua Sahabatku

    alamendah said:
    July 22, 2009 at 4:12 pm

    Wuih…
    ternyata pertanyaan ini juga masih mentok juga.
    Tapi masa Nabi Adam manusia purba?
    Yang pasti Adam manusia pertama, berakal, berilmu, berbudaya, dan beriman!
    Manusia purba seperti itu?
    Bingung, kan?
    Bagi saya, Amantu billahi warosulihi.

    the fachia said:
    July 22, 2009 at 11:42 pm

    Iya memang sudah gugur teori darwin. Oleh karena itu, menurut saya ketika sekolah seharusnya teori itu tidak harus dipelajari..🙂

    zulhaq said:
    July 23, 2009 at 12:18 am

    selamat pagi sob….semoga hari ini lebih baik amienn…

    Nisa said:
    July 24, 2009 at 7:55 am

    setujuu.. hangus sudah teori asal-usul kehidupan ala darwin, dkk.. hiks, iyah betul gak usah ada di mapel biologi,
    mempelajari kebohongan ntar..
    trus fosil manusia purba ntu juga cuma manipulasi kan ya,

      Afif responded:
      July 26, 2009 at 11:08 am

      Ya Nis.. hhe

        Nisa said:
        July 29, 2009 at 1:29 am

        😀

          Afif responded:
          July 31, 2009 at 7:44 am

          🙂 2 ..

    Dedi Suparman said:
    July 25, 2009 at 5:05 am

    bagus

      Afif responded:
      July 26, 2009 at 11:05 am

      thnks🙂

    alamendah said:
    July 27, 2009 at 5:17 pm

    berkunjung lagi….

    maaf, ni bro…
    mo nitip pesen buat semuanya; ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan ‘Borobudur’ lagi! (he.. he..)

    Blogging for Beginners said:
    July 28, 2009 at 8:17 am

    wah idem aja dah

    sudibyo said:
    August 21, 2009 at 12:30 pm

    gua juga kagak tahu ………….. yang betul yaaa yang tidak salah ………. tapi modalnya juga instink dan akal juga …… contohnya pakai koteka pakai batu pakai panah ranting runcing ……….. berlindung di goa dll ……………………………….. thanks

    agyl said:
    October 16, 2009 at 5:40 am

    gw suka yang ini..
    bagi tulisannya ya gan..

      Afif responded:
      October 17, 2009 at 1:21 am

      trims ya dh mw main ksni..

    burman hendra said:
    October 19, 2009 at 2:21 am

    Dulu saya pernah mengutarakan pendapat kepada Alm. Ayah saya…bahwa sebelum nabi Adam as diciptakan Allah SWT pernah menciptakan makhluk yang mendekati “manusia”, akan tetapi para “manusia” tsb selalu saling menyerang satu sama lain spt layaknya hewan yg mempertahankan daerah kekuasaannya ( dalam hal ini saya mencoba menafsirkan QS. Al-Baqarah: 30 secara logika dasar saja sesuai ddn kemampuan berpikir saya ), sehingga menurut saya pribadi Allah SWT dgn Kuasanya perlu untuk menciptakan makhluk lain yang tingkatannya lebih sempurna dari “manusia” sebelumnya, guna mengolah bumi dan isinya…saat itu Alm. Ayah saya menolak pendapat saya krn beliau mengatakan bahwa dasar pendapat saya tidak ada dan menurut beliau bhw penafsiran saya mengenai QS. Al-Baqarah: 30 tidak sesuai…akhirnya saya menghargai komplain beliau…nah stlh saya membaca blog ini maka saya kembali kpd pendapat saya dulu bhw pemikiran saya tsb sedikit banyaknya mendekati teori bahwa makhlik purba tsb adalah “manusia” yg diciptakan Allah SWT sebelum Nabi Adam as, namun dikarenakan “manusia” tersebut ternyata tidak bisa menjaga keharmonisan bumi maka Allah SWT “mempersiapkan” manusia lain yang lebih sempurna secara lahir bathin untuk menggantikan peran “manusia” sebelumnya, demikian sekilas pendapat saya pak…dan saya mohon ampun kepada Allah SWT apabila pendapat saya salah karena saya hanya seorang manusia yang bodoh dengan segala keterbatasannya…Wallahu’alam…

      Afif responded:
      October 19, 2009 at 4:27 am

      Ya mas, manusia hanya bisa mengira-ngira sesuai dengan kemampuan yg ada.. insyallah semua akan ada hikmahnya, wallahu alam.
      Trms sdh brkunjung🙂

    Makhluk Bumi said:
    November 10, 2009 at 9:28 am

    Kalau menurut saya sebagai Makhluk Bumi, Bang Adam AS benar ada, manusia purba juga ada. Hanya saja kalau Bang Adam AS itu memang benar-benar nenek moyang manusia yang sesungguhnya. Tapi kalau manusia purba mungkin sih monyet purba (Monyet purba itu menyerupai manusia, sekarang jadi monyet asli). Itu juga mungkin sih. Hanya menerka-nerka dan sok tahu.
    Kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr !

      Afif responded:
      November 16, 2009 at 11:49 am

      silakan kabur mas, sopo yg mw nahan2 mas disini,he. makasi udh brkunjung😀

    Syafar Bannat said:
    October 7, 2011 at 2:50 pm

    waw… manusia purba itu …. sama tua donggg ama adam AS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s