Sumpah Palapa

Posted on Updated on

Sumpah Rebung!! kata kakek saya..😀 sambil bercerita tentang Gajah Mada dan Sumpah Palapanya. Saat itu kita sedang istirahat setelah lelah berkebun di kebun manggisnya. Duduk lah saya di bawah pohon bambu yang masih muda sekali, kemudian beliau bercerita panjang lebar. dengan penuh semangat. Sementara itu cucunya hanya melongo setengah hati mendengarkan, tapi akhirnya sadar juga bahwa ini adalah cerita yang tidak pernah diceritakan  oleh Guru Sejarah saya dulu. Dia bercerita bahwa Gajah Mada dulu pernah bersumpah yang kira-kira seperti ini isinya :

Gajah Mada

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Yang artinya kira-kira kalau diterjemahkan seperti ini :

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.

*dikutip dari wikipedia

Puasa?? gak akan makan sampai Indonesia bersatu? bisa mati dong…🙂 Kata kakek saya PALAPA disini bukan diartikan dengan tidak makan & minum, tapi hanya tidak  mau makan pucuk pohon bambu (rebung) sebelum Indonesia bersatu dibawah kekuasaannya. Konon katanya dulu adalah makanan favorit raja-raja kerajaan kuno di Indonesia. Mungkin dimakan dengan cara direbus terlebih dahulu, kira-kira begitu:mrgreen:

Rebung

Kalo sekarang tinggal digoreng aja..😀

4 thoughts on “Sumpah Palapa

    phiy said:
    March 4, 2010 at 12:33 pm

    Oooouh, palapa itu rebung ya? 0.o Baru tau loh aku😆
    iya bener, ga dijelasin tu dibuku sejarah.

      Afif responded:
      March 7, 2010 at 8:19 am

      sama, kalo gak dikasi tau kakek ya ga tau jg saya mbak😀

    maria harjanto said:
    March 26, 2012 at 1:20 pm

    Maaf mas Afif, boleh ikut nimbrung? Memang kakek atau nenek saya tidak pernah bercerita/ndongeng tentang Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada. Namun, guru saya pernah bercerita di depan kelas bahwa Sumpah Palapa itu artinya bahwa Patih gajah Mada tidak akan makan buah KELAPA apabila belum bisa mempersatukan Nuswantara (Nusantara). alasannya, karena Nusantara banyak menghasilkan kelapa sehingga makanan yang dimasak banyak yang mengandung kelapa. Thx

      Afif responded:
      February 24, 2013 at 11:53 pm

      Haha, bisa jadi begitu. Itu versi cerita orang2 sunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s