Buah Belimbing Ikon Kota Depok

Posted on Updated on

Siapa yang tak kenal dengan buah belimbing? Buah yang berwarna kuning,  berbentuk seperti bintang (makanya dikenal juga sebagai star fruit), dengan rasa manis yang menggoda. Tapi sayang, hanya sedikit sekali dari kita yang menjadikan buah belimbing sebagai buah favoritnya. Buah ini memang kalah tenar dengan buah lainnya yang tumbuh subur di Indonesia. Padahal belimbing memiliki khasiat yang cukup baik buat kesehatan. belimbing  manis kaya akan pektin yaitu zat yang mampu menjerat kolesterol, mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Seratnya juga bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Buat yang sedang melakukan program diet, boleh menjadikan buah ini sebagai buah favorit untuk menjaga tubuh menjadi langsing. Selain itu belimbing yang manis dapat juga menyembuhkan batuk, demam, kencing manis dan kolesterol tinggi, dan meredakan sakit tenggorokan. Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, jika dicampur madu dapat mencegah dan mengatasi kencing batu. So, selain rasa manis dan enak diminum, belimbing bermanfaat bagi kesehatan

Salah satu potensi pertanian yang cukup potensial di kawasan Depok adalah Pertanaman Belimbing.  Belimbing tumbuh subur di 6 Kecamatan yaitu Pancoran Mas, Beji (kostan saya), Sukmajaya, Limo, Sawangan, Cimanggis. Prospektif dikembangkan di kota Depok dan kini telah menjadi buah unggulan kota Depok karena secara komparatif Buah Belimbing Dewa Depok Lebih unggul dibandingkan buah belimbing yang lainnya yang ada di Indonesia. Hal ini diketahui pada setiap Event Lomba Buah Unggul dan pameran-pameran buah Nasional serta Internasional, Buah Belimbing Dewa ini lebih unggul dan selalu menjuarai sebagai buah unggul nasional versi Trubus.

Tapi sayang, usaha Bapak Walikota untuk menjadikan belimbing sebagai ikon Depok dirasakan belum berhasil. Ini dapat dilihat dari masih sedikitnya buah belimbing yang dijual di pasar-pasar, toko buah dan supermarket di Depok. Masyarakat juga tidak diedukasi akan manfaat dan pengolahan buah belimbing secara kreatif.  Sehingga ikon yang seharusnya menjadi symbol sebuah kota tidak mampu mengangkat citra kota tersebut.

Sumber : Komunitas blogger kota Depok Deblogger

15 thoughts on “Buah Belimbing Ikon Kota Depok

    peri01 said:
    March 12, 2010 at 5:02 am

    salam kenal dikunjungan pertama

    Mamah Aline said:
    March 12, 2010 at 6:47 am

    pas berkunjung kesini saya baru saja pulang beli belimbing mas afif, beneran jadi ketawa… silakan pasang linknya saya link balik ya…

    bundadontworry said:
    March 12, 2010 at 8:05 am

    paling gak walikota Depok jauh2 hari menggalakkan penanaman buah belimbing utk tiap rumah, mungkin baru bisa ya pakai ikon nya buah belimbing 🙂
    kan buah belimbingnya jadi ada dimana2.
    salam

    teaterpelangipnj said:
    March 12, 2010 at 9:37 am

    kaya kenal nih postingan..

    alamendah said:
    March 12, 2010 at 12:35 pm

    (maaf) izin mengamankan KELIMAAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    komen saya kemana, atuuuh…

      Afif logicprobe10 responded:
      March 13, 2010 at 12:45 am

      wah, gag tahu kang.. kebiasaan pertamax ya?😀

    Aisha said:
    March 12, 2010 at 1:03 pm

    Wah,ternyata belimbing banyak manfaatnya juga ya?dan juga buah paling unggul.Btw,Thanks kunjugannya bro.

    wi3nd said:
    March 23, 2010 at 5:31 am

    aku nda doyan buah blimbin9,tapi suka liatnya lucu🙂

    abis rasanya 9imanah yaah,9ituuh decch..

    wee..ternyata malah jadi ikon depok yah🙂

    herman gunawan said:
    January 26, 2011 at 10:41 pm

    kalo mao cari belimbing ke jl RTM kelapadua aja ! pasti banyak deh

    herman gunawan said:
    January 26, 2011 at 10:49 pm

    kalo butuh buah belimbing untuk ritel,grosir, tenaga ahli bidang pembungkusan,tenaga ahli bidang penyuluhan,penyediaan bibit,penyediaan pembungkusan,konsultasi teknologi penanaman pohon belimbing,atau yang belom tahu tentang lokasi pertanian belimbing dewa depok,atau yang belom tahu sama sekali tentang belimbing dewa depok, datang aja ke kelapadua jl.RTM rt.02 rw.11 tugu cimanggis depok, atau call aja 021 93768765

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s