34 Khasiat Kulit Manggis

Posted on Updated on

queen of the tropic fruits

Buah manggis (Garcinia mangostana. L) tumbuh liar di hutan dan pegunungan dengan ketinggian pohon bisa mencapai lebih dari 15 meter namun mempunyai masa berbuah yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun. Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati melimpah adalah salah satu sentra penghasil manggis yang diekspor ke berbagai belahan dunia seperti Amerika dan Eropa. Berdasarkan informasi yang saya dapat, di Eropa sana nilai jual kulit manggis sangat tinggi. Di sana kulit manggis dijadikan jus yang harganya mencapai 20 US dolar atau berkisar 200 ribu rupiah per gelas. Sedangkan di Negara kita, buah manggis dijadikan bahan tebak-tebakan bahkan bisa jadi permainan “JUDI:D. Mungkin sudah lama ada yang meyakini bahwa buah manggis itu berkhasiat, namun soal manfaat kulit manggis baru belakangan ini “naik daun”. Warna kulit manggis yang ungu diyakini kaya akan zat antioksidan kuat.

Kulit dari ratu segala buah Tropis (Queen of The Tropic Fruits) ini dapat menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa xanthone dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Apalagi zaman sekarang, kita sudah banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi, bahan polutan dan bahan tiruan, dan itu semua sudah tak terelakkan lagi. Selain itu Xanthone bukan hanya sebagai antioksidan, tetapi juga antikanker. Belakangan ini para ilmuwan juga sedang melakukan uji potensi kulit manggis sebagai obat HIV. Berikut 34 Fakta khasiat kulit manggis :

1. Anti-fatigue (energy booster/memberi tenaga)
2. Powerful anti-inflammatory (prevents inflammation/anti peradangan)
3. Analgesic (prevents pain/mencegah sakit urat saraf)
4. Anti-ulcer (stomach, mouth and bowel ulcers)
5. Anti-depressant (low to moderate/mencegah kemurungan)
6. Anxyolytic (anti-anxiety effect/mencegah kegelisahan, panik & cemas)
7. Anti-Alzheimerian (helps prevent dementia/mencegah penyegah Alzheimeria)
8. Anti-tumor and cancer prevention (shown to be capable of killing cancer cells/Mencegah kanker)
9. Immunomodulator (helps the immune system/system kekebalan)
10. Anti-aging (Anti penuaan)
11. Anti-oxidant ( Buang toxic/racun dalam badan)
12. Anti-viral (membunuh kuman)
13. Anti-biotic (modulates bacterial infections)
14. Anti-fungal (prevents fungal infections/infeksi oleh jamur)
15. Anti-seborrheaic (prevents skin disorders/ mencantikkan kulit)
16. Anti-lipidemic (blood fat lowering/membuang kolesterol)
17. Anti-atherosclerotic (prevents hardening of arteries)
18. Cardioprotective (protects the heart/untuk jantung)
19. Hypotensive (blood pressure lowering/merendahkan tekanan darah)
20. Hypoglycemic (anti-diabetic effect, helps lower blood sugar/ mengurangi gula dalam darah)
21. Anti-obesity (helps with weight loss/kuruskan badan)
22. Anti-arthritic (prevention of arthritis/cegah sakit tulang)
23. Anti-osteoporosis (helps prevent the loss of bone mass/tulang rapuh)
24. Anti-periodontic (prevents gum disease/cegah gusi berdarah)
25. Anti-allergenic (prevents allergic reaction)
26. Anti-calculitic (prevents kidney stones/cegah batu karang)
27. Anti-pyretic (fever lowering/rendahkan suhu badab)
28. Anti-Parkinson (penyakit saraf parkinson)
29. Anti-diarrheal (mencegah diare)
30. Anti-neuralgic (reduces nerve pain/sakit urat saraf)
31. Anti-vertigo (prevents dizziness)
32. Anti-glaucomic (prevents glaucoma/sakit mata)
33. Anti-cataract (prevents cataracts)
34. Pansystemic (has a synergistic effect on the whole body/Mengimbangi seluruh badan)

Artikel ini diposting untuk mengikuti polytechnic full education website competition 2010, PNJ Kampus UI Depok

88 thoughts on “34 Khasiat Kulit Manggis

    ok said:
    March 18, 2010 at 3:08 am

    no 10, 15, 21 perempuan suka banget tuh hehehehe…ternyata banyak khasiat toh mantab bgt nih manggis hayoo hayoo sapa yg mau kasih ok manggis? huehehehehe…

      Afif logicprobe10 responded:
      March 18, 2010 at 8:46 am

      laki2 juga mau awet muda mbak.. hehe
      manggis itu buah musiman, ada periode masa panennya :D

      ghaliafarmindo said:
      October 18, 2011 at 9:45 pm

      Jual kulit manggis kering harga 25rb/kg, sudah ditepungkan 80rb/kg. cocok sekali untuk pengobatan kesehatan seperti jantung, diabetes, kolesterol, kanker payudara. Bisa juga untuk penelaitian mahasiwa, dosen dan peneliti.

      Bisa kirim seluruh indonesia hub mas jay 082112226183, pengiriman via TIKI/JNE
      pembayaran via bank bri 001201097845507, konfirmasi setelah transfer via sms

      http://bogor.olx.co.id/jual-kulit-manggis-kering-untuk-kesehatan-iid-265596411

      ghaliafarmindo said:
      October 19, 2011 at 1:55 pm

      Jual kulit manggis

      Jual kulit manggis harga 25rb/kg, sudah ditepungkan 80rb/kg,
      Cocok sekali untuk pengobatan kesehatan, penelitian mahasiswa, dosen, peneliti dan Industri farmasi

      Bisa kirim seluruh indonesia hub 082112226183, pengiriman via TIKI/JNE
      pembayaran via bank bri 001201097845507, konfirmasi setelah transfer via sms
      http://bahanpenelitian.blogspot.com
      http://www.sujiantokarso.co.cc

    izmatull said:
    March 18, 2010 at 3:25 am

    kapan-kapan bawa jusnya ke kampus donk pip.. :p

      Afif logicprobe10 responded:
      March 18, 2010 at 8:47 am

      Gue aja belum pernah nyobain gmn rasanya.. hehe

    sunarnosahlan said:
    March 18, 2010 at 3:40 am

    terima kasih infonya

    wi3nd said:
    March 18, 2010 at 3:57 am

    banyak yah khasiatnya..

    hanif IM said:
    March 18, 2010 at 4:19 am

    banyak sekali ya manfaat buah manggis. hehe… jarang makan manggis sih soalnya.

      Afif logicprobe10 responded:
      March 18, 2010 at 8:50 am

      jarang ke pasar sih mas..kalo hanya ngandalin supermarket susah dapatnya…hehe

        Neni Nurul Umami said:
        October 25, 2011 at 8:42 am

        bikin jusnya pake gula nggak ya?

          logicprobe10 responded:
          November 18, 2011 at 1:51 pm

          Kalau tidak suka pahit ya pake gula mbak :)

    Dangstars said:
    March 18, 2010 at 4:22 am

    Gak disangka khasiatnya yah

      Afif logicprobe10 responded:
      March 18, 2010 at 8:52 am

      orang barat yg gak punya pohonnya aja udah berlomba2 cari inovasi terbaru dari kulit manggis ini :)

    Dangstars said:
    March 18, 2010 at 4:23 am

    makasih infonya kudu disimpan nih…

    cantigi said:
    March 18, 2010 at 5:36 am

    baru tau niy, tq ya infonya, mantap..

    Batavusqu said:
    March 18, 2010 at 6:54 am

    Salam Takzim
    Wah baru tau nih, artikelnya sangat bagus kang, izin menyimpannya ya
    Salam Takzim Batavusqu

    Nia said:
    March 18, 2010 at 7:00 am

    wah..banyak banget khasiatnya. jadi pengen nyoba.
    tau ga yang dibuat jus itu kulit dalemnya aja ato kulit luarnya juga?
    kalo boleh si ada postingan selanjutnya tentang cara bikin jus kulit manggisnya, hehe. terimakasih

      Afif logicprobe10 responded:
      March 18, 2010 at 8:55 am

      semuanya mbak diblender.. tapi dijemur dulu sehari semalem :)

        dea said:
        December 19, 2011 at 10:41 pm

        Kalo dijemur dulu sehari semalam sudah ada proses pembusukan donk mas ???? Makasih.

          Afif responded:
          December 20, 2011 at 8:49 am

          Disinilah keunikan buah manggis karna kekayaan zat Antioksidan-nya. Manggis satu-satunya buah yg tidak akan membusuk selamanya. Jika dibiarkan atau diperam, dia akan kering mengeras menjadi kayu. Boleh dicoba :)

            qie_and said:
            February 2, 2012 at 12:30 pm

            perlu di rebus dulu gak kulit manggis nya sebelum di jemur,?makasih :-)

    Mamah Aline said:
    March 18, 2010 at 8:38 pm

    ternyata kulit manggis bermanfaat buat kecantikan kulit selain untuk kesehatan dan pencegah penyakit. makasih infonya mas afif

    zipoer7 said:
    March 19, 2010 at 2:00 am

    Salam Takzim
    Selamat pagi kang Afif, apakabarnya, kulit manggis berkhasiat tinggi apalagi isinya kang, manis kaya kang afif
    Salam Takzim Batavusqu

      Afif logicprobe10 responded:
      March 22, 2010 at 12:35 am

      Haha, bisa aja.. :)

        Stievan Maulana said:
        December 21, 2011 at 1:54 am

        Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan…amin….
        Begini kang..saya sering beli manggis dan kulit dalemnya itu saya kerok dan langsung di juz…apa cara sprt itu benar? Makasih sebelumnya….

    cempaka said:
    March 19, 2010 at 3:30 am

    wah nomor 2, 9, dan 23.. cocok bgt bagi penderita Lupus.. thx 4 share…. nice post :) ehhehe

    gerhanacoklat said:
    March 19, 2010 at 2:14 pm

    semoga menang semoga menang
    enaknya manggis dan begitu banyak khasiatnya
    hmmm
    salam kenal afif :D

    sauskecap said:
    March 20, 2010 at 12:09 pm

    wah… bisa-bisa besok saya makan manggis sekulit-kulitnya… tapi kulitnya kan pahit….

    fara said:
    March 21, 2010 at 2:44 am

    tapi cara ngolahnya gimana?
    ada cara khusus ga?

      Afif logicprobe10 responded:
      March 22, 2010 at 3:10 am

      Wah, belum tahu saya mbak, ntar saya posting lagi yah.. cari2 dulu :D

        arsil said:
        August 4, 2012 at 11:04 am

        buah manggis memang enak.lantaran enak td
        maka hati2x. apa lagi wanita habis bersalin dari 1bln s/d 1 tahun lo

    and1k said:
    March 21, 2010 at 9:45 pm

    ow baru tau saya teryata manggis tidak hanya enak dagingya aja tapi kulitnya pun berkhasiat ya

    bundadontworry said:
    March 23, 2010 at 10:12 am

    duh, sedemikian banyaknya faedah kulit buah manggis ini.
    apakah disini sudah ada yang membuat jus nya Mas ?
    selain utk kesehatan ternyata juga utk kecantikan.
    salam

      Afif logicprobe10 responded:
      March 24, 2010 at 5:28 am

      Kalau buatan dalam negri belum ada.. Saya pernah liat produk jus manggis, tp itu buatan Malaysia :D

    cika said:
    March 23, 2010 at 12:32 pm

    makacih infonya, aku jadi lebih mudah ngerjakan tugas… ^^

    Anonymous said:
    December 7, 2010 at 4:50 am

    Artikel bagus.

    yudi said:
    January 9, 2011 at 1:14 pm

    makasih infonya mas
    saya udah sebarin di kelas saya nih
    bisa kita langsung buat jus sendiri ya … biar awet muda nih …

      Afif responded:
      December 20, 2011 at 8:53 am

      Trims :)

    santi said:
    January 28, 2011 at 11:07 am

    kalau bikin sendiri apa resep campurannya ?
    trus sehari diminum berapa banyak & berapa kali ?
    tolong info nya.

      Afif responded:
      December 20, 2011 at 8:56 am

      Akan saya infokan di-halaman ini secepatnya :)

    Sulhan said:
    June 28, 2011 at 5:38 am

    subhanallah…. Allah membuat penyakit dan pasti menyediakan obatnya. inilah tugas manusia untuk selalu berfikir. lalu bagaimana dengan “HIV AIDS” kok gak ada obatnya? sebenarnya itu bukan penyakit, tetapi merupakan sebuah kutukan dari Allah bagi orang2 yang berzina, oleh karena itu sampai yaumul kiamah tak ada obatnya. Wallahualam bisawab.

      Afif responded:
      December 20, 2011 at 8:58 am

      Wallahu alam

    kim inseul said:
    July 27, 2011 at 3:19 pm

    waahhh banyak juga khasiatnya…bdw cara bikin jus kulit manggis bagaimna y???? saya mau coba nih d rumah …:) ^^

    sarah vira said:
    August 12, 2011 at 7:19 am

    Artikel ŞïîĤħ bagus,tp gimana cara ngolahnya? Itu Kªñ penting….

      Afif responded:
      December 20, 2011 at 9:15 am

      Ya, bersabar ya.. :)

    Anonymous said:
    September 13, 2011 at 11:34 pm

    rasanya enak kyk jus pada umumnya cuma sedikit rada sepetan

    Rahma Dona said:
    September 20, 2011 at 12:41 pm

    waktu kecil karena tertarik dengan warna,arma dan kulitnya yang kelihatan empuk aku per makan eh eh bibirku gatel orang bengkulu bilangnya mutung *) ternyata sekarang di jadikakan komunidity ekspor .

      Afif responded:
      December 20, 2011 at 9:01 am

      Ya, kampung saya salah satu pengekspor manggis. Coba search “kampung cengal”

    Brc Cikarang Klinik Thibunnabawi said:
    September 24, 2011 at 2:29 pm

    subhanallah…banyak nikmat yg diberikan Allah kepada hambanya…Insyaallah bermanfaat u/ dunia medis

    m nizar khoironie said:
    October 17, 2011 at 8:59 am

    SukhanalLah. Sangat amat. Manjur. Gan.

    Indramayu boy said:
    October 17, 2011 at 1:02 pm

    Juss manggisnya pake gula gak?

      logicprobe10 responded:
      November 18, 2011 at 1:41 pm

      Tergantung selera mas.. Improvisasi sendiri :D

    RINI said:
    October 18, 2011 at 10:18 pm

    dr dhl kl sy brmimpi punya pohon mnggis buat demen2an g taunya .demeni sgguhn tmn sering bilang sy tetapnom stl minum jus mnggis bs nome tmbah awet bhgia amt

      logicprobe10 responded:
      November 18, 2011 at 1:43 pm

      Insyaallah, manggis (enzim xantone) banyak khasiatnya

    Mus Djasmin said:
    December 2, 2011 at 1:24 pm

    semoga benar adanya…..

      siti nurch said:
      January 3, 2012 at 9:23 pm

      alhamdulillah bener kok

    miasty said:
    December 9, 2011 at 12:20 pm

    Alhamdulilllah buah itu kesukaanku memang…eh ga taunya banyak ya manfaatnya, trima kasih atas infonya.

    Banyak sekali manfaatnya

    health tips for free said:
    December 29, 2011 at 12:07 pm

    ternyata sgt hebat khasiat manggis, bos tolong di kasih tau cara pengolahannya.trims.

    jenar12 said:
    December 30, 2011 at 4:48 pm

    mas tau cara buat obat dari kulit manggis gak ???

    Siti Sunarti said:
    January 2, 2012 at 2:44 pm

    Dalam artikel diatas dikatakan bahwa pohon manggis mulai berbuah diatas 10 tahun. Padahal yang sebenarnya mulai umur 4 tahun sudah belajar berbuah.

    tride said:
    January 2, 2012 at 11:37 pm

    kmarin kita mau nge jus…gimana ya?dicampuri apa? ada share..?

    siti nurch said:
    January 3, 2012 at 9:21 pm

    saya sudah merasakan sendr khasiat kulit manggis ini, hy dalam jangka waktu tdk lebih dr 5 hari sy bisa sembuh, ini semua karna Allah telah menciptakan buah yg memiliki byk manfaat.

    one said:
    January 29, 2012 at 5:04 pm

    bagaimana cara ngolahnya mas ???

    The Queen of Fruits : Manggis « Tantri's Story said:
    January 30, 2012 at 1:42 pm

    [...] sumber [...]

    sas said:
    February 13, 2012 at 8:10 am

    TUHAN BEGITU SAYANG SAMA UMATNYA,BEGITU BANYAK MANUSIA SANGAT BERGANTUNG DARI ALAM,,DAN MANUSIA PULA YANG MERUSAK ALAM

    SUDARNO S Pd said:
    March 6, 2012 at 8:41 am

    jus manggis apa boleh ditambah gula dan yang lai seperti jahe dsb ?

    remy said:
    April 6, 2012 at 10:35 am

    Thank’s info nya

    johan said:
    June 7, 2012 at 8:48 am

    Jual kulit buah manggis yang sudah dikeringkan dalam bentuk kasar maupun sudah digiling. tlp. 085298650570

    FunnyGeek said:
    July 13, 2012 at 5:31 am

    ini udah ada penelitiannya belum? gak semua obat herbal kan beneran hehe

    Anonymous said:
    August 4, 2012 at 10:53 am

    perempuan yg habis melahirkan ga boleh makan manggis. ntar bahya. bisa demam ga bisa buka mata

    arsil said:
    August 4, 2012 at 10:57 am

    anjuran keras
    bagi wanita habis bersalin
    ga boleh makan manggis
    baik isi/ jus kulit
    boleh kita kaji lebih
    lg baik secara medis ataupun tradisional

    fitri said:
    October 20, 2012 at 8:41 pm

    klo untuk tekanan darah rendah ato hi[potensi bisa gak ya???

    YOLI SHAM said:
    January 23, 2013 at 10:59 pm

    xamthon plus wakil dari malaysia call 0139402072 produk hangat dan betul 2 power testimoni hiv.kanser.strok.dll

    mepo said:
    April 15, 2013 at 3:51 pm

    tebak2 buah manggis :D

    Jasa SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s