Tesla Coil (Mainan Teg Tinggi)

Posted on Updated on

Masih ingatkah Anda dengan rumus ini? Ini adalah rumus madan elektromagnetik, dimana m=permeability inti, m0=permeability udara vakum, n=jumlah lilitan induktor dan i=arus. Sedangkan satuan Medan magnet (B) sendiri Tesla. Nah, yang ingin saya bicarakan disini bukanlah bagaimana asal usul rumus ini🙂, melainkan ilmuwan bernama Tesla dan temuannya yang dinamakan Tesla Coil. Nikola Tesla (1856 -1943) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat kelahiran Serbia. Tesla sering dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut, dan menurut sejarah ia hilang secara misterius..

Tesla coil berfungsi menghasilkan tegangan listrik sangat tinggi, dan karena bentuk dan sifatnya yang agak ajaib ini, benda ini begitu dikenal. Untuk kamu-kamu yang dulu suka main Red Alert (game, perang AS vs Uni Soviet dulu) pasti tahu benda ini. Nah, bagaimana cara kerja Tesla Coil ini? Kenapa ada bola di atasnya?

jangan dekat2, ntar kesentrum:)
hati2 tegangan tinggi!

Ternyata maenan seperti ini bisa dipraktekin sendiri (bukan maenan sih sebenernya), setelah searching di google, saya mendapatkan cara bikinnya dari sini, tapi tidak bisa dipertanggungjawabkan keberhasilannya. Mungkin buat sekedar tahu aja kalau prosesnya, kira-kira seperti ini :

gambar rangkaian
  • Sumber tegangan AC 1-10 kV, ± 25 Watt. Cari di mana?
  • Spark gap, yaitu dua buah konduktor berjarak beberapa mm tempat loncatan listrik, benda yang fungsinya sama kita temukan di mesin motor dan mobil, namanya busi.
  • Kawat tembaga diameter 0,3 mm, beberapa kilometer. Beli saja beberapa ons.
  • Kawat tembaga diameter 5 mm (atau pipa tembaga 1/8 inci) ±10 m. Ini cukup mahal, jadi sementara pakai kawat yang sama seperti di atas.
  • Pipa paralon diameter 6 inci, panjang 1 meter.
  • Bola atau donat aluminium, diameter ± 20 cm, tidak perlu padat.
  • Kapasitor tegangan tinggi, secukupnya.

Yang saya ragukan disini adalah voltage input yang diunakan, terlalu besar dan menakutkan. Dari mana dapat sumber tegangan tinggi 1-10 kV?:) Listrik PLN ajah 220 volt… Walaupun saya orang elektro, tapi nyali saya masih kecil, ilmu saya masih dikit.

Ada 3 cara yang saya temukan menurut sebuah forum diskusi anak ITB :

  1. Buat trafo step-up dari 220 V (PLN) sampai 10000 V. Kalau ada peragaan iptek, biasanya ada alat yang disebut Jacob’s Ladder. Di sekitar situ mungkin ada trafonya, kira-kira sebesar printer.
  2. Buat osilator 10 kHz, 5 V dengan osilator 555 atau schmitt trigger atau yang lain, kuatkan dengan transistor mosfet atau yang lain. Pasang ke trafo flyback yang ada di setiap monitor CRT, atau mungkin koil busi juga bisa. Entah apa jadinya ini.🙂
  3. Dari PLN, buat rangkaian voltage multiplier 10 kali. Batasi arusnya dengan lampu bohlam 40 Watt. Resiko ditanggung sendiri, mulai dari kapasitor meledak sampai kesetrum.😀

Anda ingin mencoba? resiko ditanggung sendiri!

Sumber  artikel : Sebagian dari wikipedia

Sumber gambar : ini dan ini



polytechnic full education website competition 2010

40 thoughts on “Tesla Coil (Mainan Teg Tinggi)

    shalimow said:
    March 29, 2010 at 10:02 am

    apa kabar bos
    makaci infonya bos, jadi tahu ini

      Afif logicprobe10 responded:
      March 30, 2010 at 2:51 am

      alhamdulillah sehat mas, sama2🙂

      roys said:
      March 4, 2012 at 8:58 pm

      berhasil nih….walau cuma tesla coil 6volt

    alamendah said:
    March 29, 2010 at 10:21 am

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Wah kalau yang ngebuat saya sih pasti gak berfungsi.
    wekekekeke

    aldy said:
    March 29, 2010 at 2:31 pm

    Kalau sudah bicara electronik, saya angkat tangan deh Mas.
    Ora mudheng blass.

      Afif logicprobe10 responded:
      March 30, 2010 at 5:35 am

      bisa ajah mas aldy ini🙂 pake angkat tangan segala..

    sunarnosahlan said:
    March 29, 2010 at 11:08 pm

    harus belajar lagi nih, sudah sangat lama tak bertemu dengan rumus-rumus kelistrikan

    Rock said:
    March 29, 2010 at 11:29 pm

    Makasih infonya kawand…

    muhammad zakariah said:
    March 30, 2010 at 9:58 am

    mainan kok make tegangan tinggi gt.. hehe..bahaya bgt..:mrgreen:
    tp klo buatnya make rumus gt nyerah deh,… kagak ngerti blass.. heheh..😀

      Afif logicprobe10 responded:
      March 30, 2010 at 10:31 am

      kalai mau menciptakan inovasi baru lebih dari ini, tudak ada kata menyerah sebelum mncoba (hoalah):D

    shafiragreensulaiman said:
    March 30, 2010 at 11:37 am

    makasih infonya..
    gambarnya kereeen…🙂

    luvaholic9itz said:
    March 30, 2010 at 12:50 pm

    saya menyerah soal beginin ihihi
    😛

    luvaholic9itz said:
    March 30, 2010 at 12:51 pm

    eh kelupaan

    tanggal 1 april gw pindah blog ke queencorner.com

    catch you there ya
    😉

    KutuBacaBuku said:
    March 30, 2010 at 1:40 pm

    agan sendiri udah nyobain bikin? hee … beneran bisa dibikin di rumah yahh ^^

    jadi pengen maen red alert lg, fufufu

      Afif logicprobe10 responded:
      March 31, 2010 at 4:20 am

      kutubuku juga tahu red alert.. selain doyan buku, doyan game juga ternyata😀

    Abu Ghalib said:
    March 30, 2010 at 1:51 pm

    wah, ini kalo dipraktekin boleh juga
    kerja bareng2, tapi pas mau dicoba sy izin ke belakang dulu
    ngeri😀

    Mamah Aline said:
    March 30, 2010 at 2:14 pm

    rumusnya itu loh… gak mempan di otak saya , tapi jadi tau makasih ya…

    Dedi Suparman said:
    March 30, 2010 at 9:18 pm

    wawawawawawwawa

    Afif logicprobe10 responded:
    March 31, 2010 at 4:29 am

    wewew..

    ♥ria♥ said:
    March 31, 2010 at 5:14 am

    lihat gambarnya ngeri kesetrum hehehe :p

    Asop said:
    April 6, 2010 at 1:47 am

    Waw…. lihat percikan listrik itu aja udah ngeri….😐
    Beneran ya, kalo ada orang masuk ke dalam percikannya itu bisa langsung gosong?

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 9:58 am

      silakan dicoba, saya belum pernah😀

        roys said:
        March 4, 2012 at 9:01 pm

        berhasil ……..meski sumbernya cuma 6volt

          xafi said:
          November 21, 2012 at 2:38 am

          mas roys uda nyoba bikin…??😮

    Amri MF said:
    April 8, 2010 at 7:46 am

    Jadi ingat game Red Alert

    alfi94 said:
    May 3, 2010 at 9:37 am

    udah dicoba belum? maenan 9V aja udah ngeri.. 220V hampir bikin saya mati. (gara2 kesetrum di kamar mandi).. apalagi 10kV?

    ini tingkat kesulitannya pemula – medium – sulit – atau professional ?

    deanet said:
    July 27, 2010 at 11:55 pm

    wakkakaka… keren nih… coba yuk.. selama praktikum ane bosen ama praktikum yg uda ada *walopun hasilna jelek*😀 .. kek gini nih.. mungkin bisa nambah minat mahasiswa tentang science.. jd g cmn teori thok..😀

    DITRA RUDESS said:
    January 19, 2011 at 2:32 pm

    BRUAKKAKKAKKAKK…..
    Patut di coba neeehhhhh…….
    itung iung rakit bom…..wakkkakkakkak

    Prilly said:
    July 19, 2011 at 10:47 pm

    klo tegangan.a d’kcilin bisa ndak y???

    Muhammad Abdul Hadi said:
    October 17, 2012 at 6:57 pm

    saya punya tesla coil yang petirnya 7-8CM!
    nih videonya: http://www.youtube.com/watch?v=ddfh0Vzig7Y&feature=plcp
    100% video saya😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s