Percakapan Semut

Posted on Updated on

saling berkenalan

Pernah suatu ketika saya tidak sengaja menumpahkan gula di kamar. Karena terburu-buru gula yang tumpah tidak saya sapu, kemudian saya tinggal keluar selama 2 jam. (cari makan).  Ketika saya mau masuk kamar, surprise! semua gula yang tumpah sudah ada di depan pintu. Dan bekasnya sudah bersih sekali seperti abis disapu… Sedemikian rapinya pekerjaan semut, terorganisir!:D

Ternyata ilmu pengetahuan modern mengungkapkan bahwa semut tidak hanya bisa berbicara satu sama lain, tetapi juga sering melakukan pertemuan sama seperti kita😀. Pas dia lagi ingin menarik perhatian, maka ia mengetuk kepala semut lain dengan antenanya. Kalau manusia seperti kita punya cara berekspresi yang berbeda-beda seperti suara, pandangan, sentuhan, isyarat dan sebagainya, maka semut juga dapat berkomunikasi secara kimiawi, suara, bau, sentuhan, dan pandangan. Semut berkomunikasi dengan cerdik, karena setia mereka menemukan makanan, mereka meninggalkan jejak kimiawi yang disebut Pheromones. Sehingga semut lainnya dapat mengikuti jejak ini dengan antenanya.

Berikut fakta menarik yang dapat kita temukan dari semut :

  • Kurang lebih ada 8 ribu spesies semut di dunia.
  • Semut bagaikan bulldozer mini. Mereka dapat mengangkat beban yang beratnya 20 kali berat badannya.
  • Semut memiliki bau yang khas seperti parfum. Tubuhnya menghasilkan cairan kimia berbau, yang disebut feromon.
  • Ketika ratu semut meletakkan semutnya, para semut pekerja mengambil telur itu dan menghangatkannya dalam ruangan khusus. Jika musuh dating, maka telurnya akan  disembunyikan.
  • Pasukan semut tidak tinggal diam di satu sarang dalam kurun waktu yang lama. Mereka semua berbaris bersama seperti tentara. Hingga 150.000 semut dapat berbaris secara bersama sama.
  • Kadang-kadang mereka saling bertemu hanya untuk ngobrol.
  • Semut-semut mengadakan pasar secara berkala. Disini mereka bisa melakukan acara “barter” barang temuan mereka satu sama lain.
  • Mereka mengeringkan biji-bijian basah yang disimpan di tanah di bawah sinar matahari. Seakan-akan mereka tahu kelembapan dapat menyebabkan biji-bijian busuk.
  • Sama halnya dengan kita yang tinggal di jabodetabek, semut tidak suka kemacetan sehingga selalu mencari rute jalan alternative😀

Dan semua tentang semut diatas telah disinggung oleh Al-Quran 1400 tahun yang lau :

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadarinya. (Qs. An-Naml : 18)

sumber: Al-Quran, Wikipedia, Einstein aja  baca Quran(buku)

polytechnic full education website competition 2010


34 thoughts on “Percakapan Semut

    nakjaDimande said:
    April 4, 2010 at 3:08 pm

    dari blog Kyaine kmrn bundo juga baru tau, bahwa semut ngga pernah leyeh-leyeh.. bergerak terus!

    elistadyon said:
    April 4, 2010 at 4:10 pm

    terima kasih atas kunjungannya mas…salam kenal kembali

    infonya menarik sekali dan menambah pengetahuan saya🙂

    M Mursyid PW said:
    April 4, 2010 at 5:10 pm

    Info menarik, ney – Jadi tahu kehidupan semut.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 5, 2010 at 1:32 am

      semua sdh tertulis di quran🙂 trims ats kunjungannya

    delia4ever said:
    April 4, 2010 at 6:00 pm

    kita bisa belajar banyak hal dari semut🙂

    salam kenal….

    Abu Ghalib said:
    April 5, 2010 at 1:20 am

    filosofi semut sangat bagus untuk dipelajari
    kerja keras dan tolong menolong
    nice info

    wi3nd said:
    April 5, 2010 at 2:44 am

    semut itu kecil tapi kuat yaa ?

    tapi klu 9i9it sakit bener,ndak salah apa apa maen 9i9it ajah😦

    elmoudy said:
    April 5, 2010 at 2:47 am

    Wah kalo bisa ngobrol-ngobrol dengan semut,, gimana rasanya yaa…
    mungkinkah dia akan bercerita suka dukanya menjadi semut.. hehe..

    atau lagu kesukaan mereka apa ya ?? duh kok nanyanya yg aneh2

    denmasfauzi3074 said:
    April 5, 2010 at 4:43 am

    semut – semut kecil saya mau tanya?…
    jadi inget lagu jaman masih balita….heee

      Afif logicprobe10 responded:
      April 5, 2010 at 9:35 am

      haha, saya juga masih ingat. itu lagu cipt papa t bob

    darahbiroe said:
    April 5, 2010 at 5:17 am

    hmmmm
    semut klo bertemu selalu salaman yaw ama temen temenya hehe
    kenapa manusia gak yaw😀

    bundaarun said:
    April 5, 2010 at 5:22 am

    trims atas kunjungannya….
    wah jd tambah ilmu nih….

    FiyaFiya said:
    April 5, 2010 at 1:02 pm

    Fif…
    gw juga merhatiin semut, oh ternyata pas kepalanya mreka ketok2an itu lagi nyri perhatian yah?
    waaahhh

    nice inpoww

    muhammad zakariah said:
    April 5, 2010 at 3:39 pm

    wah..semut punya rasa persaudaraan yg tinggi yah.. mengajarkan pada kita bagaimana hidup saling bantu dan bersaudara.. heheh..😀
    thanks infonnya gan.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:08 am

      seharusnya begitu.. tapi kebanyakan jati diri manusia sebagian dari kita sudah hilang…🙂

    sapta said:
    April 5, 2010 at 3:50 pm

    itulah kebesaran Allah.. yg menciptakan segala sesuatu agar kita mau belajar dan memahaminnya.. hikmah yg dapat kita ambil adalah rasa persaudaraan yg harus dijalin kita jalin sesama manusia.. masa semut aja bisa gt, apalagi manusia..

    semangat gan..😉

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:16 am

      ya, kita harus lebih lagi memahami alam sekitar kita untuk mengungkap rahasia alam😀

    didot said:
    April 5, 2010 at 4:38 pm

    semut itu sebenernya raja hutan,kalau secara bobot,total semut yg ada dihutan itu mencapai 20% dari total bobot binatang yg ada ,demikian info yg pernah saya dapat dari acara animal planet hehehe😀

      Asop said:
      April 6, 2010 at 1:46 am

      Subhanallah…. amat menarik sekali ya semut ini.🙂

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:18 am

      iya kalau dikumpulin semuanya, dan semuanya bisa bekerja sama.. singa aja bisa kalah ya😀

    Asop said:
    April 6, 2010 at 1:45 am

    Hey, saya nggak suka sama semut yang di foto itu!
    Semut jenis itu mengerikan, kalo gigit sakiiiiiiiiit banget….😦

    kyaine said:
    April 6, 2010 at 7:07 am

    wow.. lengkap sekali membahas semutnya. kemarin saya mendongeng lalat vs semut, dng sedikit mendiskripsikan kelebihan semut dng pancasilanya.
    **jd, klo pertandingan dng lalat bisa2 semutnya bisa menang

    Ian said:
    April 7, 2010 at 2:35 am

    selain semut, ada juga lebah, sapi betina, kuda, anjing, dst deh😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s