Sistem 3 Fasa PLN

Posted on Updated on

Pernah listrik di rumah anda mati?, sedangkan ada beberapa tetangga yang listrik rumahnya tenang-tenang saja pada waktu yang sama.. Padahal jarak rumah anda sangatlah berdekatan dengan rumah mereka. Mungkin semua ibu-ibu rumah tangga sudah pernah mendengar alasan ini dari petugas PLN, bahwa rumah anda beda saluran (line) dengan rumah lainnya yang listriknya tidak mati.😀

Disini akan saya berikan gambaran tentang system pengawatan listrik PLN dari gardu (sumber) ke rumah-rumah warga. Pada dasarnya listrik 220 volt yang disalurkan ke rumah anda tersebut adalah aliran listrik 3 fasa (phase), tapi setelah sampai di rumah anda menjadi 1 fasa. Kalau anda pernah memperharikan tiang listrik, terus anda bertanya-tanya pada diri anda sendiri, “kenapa ada 3 kawat/saluran di tiang listrik?”. Nah, itulah kira-kira gambaran secara kasarnya system 3 fasa. Tiga fasa itu dimaksudkan disini adalah gabungan dari 3 sinyal AC tunggal (sinus)yang berbeda sudut fase. Berikut gambar sinyal AC (sinus) dari sumber utama listrik PLN (sebelum dikirim ke rumah-rumah).

Gambar Sinyal 3 fasa

Jadi, total kabel PLN itu sebenarnya ada 4 kabel,  terdapat 3 saluran (line) dan 1 kabel netral. Bagaimana sampai disini anda mengerti??:D Kemudian tiap rumah akan mendapatkan 2 kabel dari saluran tiang listrik tersebut, yaitu 1 kabel saluran (line) dan 1 kabel netral. Berikut gambar ilustrasinya :

sistem pengawatan (wiring) listrik PLN

Sepertinya gambar yang saya bikin kurang jelas, maka akan saya jelaskan sedikit:mrgreen: Gambar kotak gede (A,B,C,D,E) diatas, diibaratkan rumah warga. Sedangkan 4 garis horizontal ditengahnya adalah (Line 1,2,3 dan Netral). Listrik yang telah masuk ke rumah anda sekarang bukan lagi 3 fasa melainkan 1 fasa, karena hanya terdiri 1 saluran. Namun tidak semua bangunan di masuki oleh listrik 1 fasa, pada umumnya hotel-hotel, apartment atau gedung pencakar langit memiliki listrik 3 fasa karena memerlukan banyak daya.

stop kontak

Anda lihat stop kontak ini.. Lubangnya pasti ada 2, iya kan? Yang satu netral, yang satu lagi saluran listrik (line) yang di dalamnya ada 1 gelombag tunggal sinus (AC) 220 volt.

Sedangkan tembaga di tengah-tengah nya, itu namanya ground (tanah). Fungsinya untuk menggrounding sinyal AC sehingga efek negatifnya dapat tersalurkan atau ternetralisir ke bumi.

Mudah-mudahan jadi pengetahuan tambahan tentang kelistrikan bagi anda yang belum mengetahuinya.🙂

sumber gambar stop kontak : ini

polytechnic full education website competition 2010

72 thoughts on “Sistem 3 Fasa PLN

    delia4ever said:
    April 5, 2010 at 1:44 pm

    ohhh gitu ya.. wekekeke… dasar diriku gak pernah tahu hal2 beginian🙂

      Afif logicprobe10 responded:
      April 5, 2010 at 1:48 pm

      maka dari itulah saya memposting ini🙂

        Anton electric said:
        February 4, 2013 at 10:27 am

        Salam super….artikel yg sangat menarik

    Abu Ghalib said:
    April 5, 2010 at 2:10 pm

    nice info
    kesimpulannya, saat di rumah mati listrik sementara rumah tetangga tetap terang berarti ga boleh marah2 sama petugas PLN😀

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 1:32 am

      hehe, begitu kira2 mas.. positif thinking selalulah pada PLN🙂

    Dede Al mustaqim said:
    April 5, 2010 at 3:38 pm

    Wah baru tahu saya,, h,hi i😀
    Makasih infonya,, Salam Kenal🙂

    sapta said:
    April 5, 2010 at 3:52 pm

    wah.. klo saya mah kagak ngerti yg kek gini, tapi boleh lah belajar biar tau dikit2.. hihi.. thanks infonnya gan..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:24 am

      sama2 mas septa.. kalau mau belajar bisa ngerti kok

    muhammad zakariah said:
    April 5, 2010 at 3:54 pm

    wah, saya baru tau nih, maklum gak pernah pelajari yg seperti ini kecuali jaman2 sekolah..😀
    thanks infonnya.

    Mbah Jiwo said:
    April 5, 2010 at 4:06 pm

    tulisan ini membuat kakek2 seperti saya pusing abis, eniwei saya suka tulisan tentang listrik dan PLN di jawa pos hari ini…

    sudah baca?

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:27 am

      haha, belum kakek gaul.. koran langganan saya TEMPO, bukan jawa pos… jadi ga tau😀

    alamendah biru said:
    April 5, 2010 at 4:08 pm

    (maaf) izin mengamankan KELIMAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    baru sedikit ‘ngeh’ tentang kabel listrik yang banyak itu….

    alamendah said:
    April 5, 2010 at 4:11 pm

    Terima kasih atas ilmunya…

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:29 am

      hehe, sama2.. saya hanya mendistribusikan saja kang🙂

    didot said:
    April 5, 2010 at 4:42 pm

    awas kesetrum aja deh hehehe🙂

    gerhanacoklat said:
    April 5, 2010 at 5:01 pm

    ohh baru paham aq
    biasanya kalo dah mati ga sama gitu yang ada aq lgsg telp pln marahmarahin hihi
    thanks infonya ya fif😀

    anyin said:
    April 5, 2010 at 9:18 pm

    wahwah tengs infonya yaa

    sunarnosahlan said:
    April 5, 2010 at 10:10 pm

    terima kasih ilmunya

    andipeace said:
    April 6, 2010 at 12:50 am

    mantab postnya kawan.bermanfaat bagi saya ketinggalan info😀

    salam adem ayem

    Asop said:
    April 6, 2010 at 1:43 am

    Heeee… iya, saya juga pernah kejadian kayak gitu waktu di Surabaya. Rumah saya mati lampu, sebelah saya nggak. Katanya sih beda sumber….😆
    Asik, makasih nih infonya, nambah ilmu.🙂

    BlogCamp said:
    April 6, 2010 at 2:09 am

    PLN tempat saya kalau mati ya kompak he he he.

    Di BlogCamp terdapat foto para peserta acara SupermanShow-Aksi dan Kreasi sebanyak 10 orang dengan lagak dan gaya mirip atau dimirip-miripkan Sang Idola. Gambar diatur secara acak dan diberi nomor undian.Silahkan memilih satu diantara mereka dan dapatkan hadiah yang menarik.

    salam hangat dari Surabaya

    ♥ria♥ said:
    April 6, 2010 at 2:12 am

    makasih pelajarannya ^___^ jad tau nih

    wiwin9 said:
    April 6, 2010 at 2:17 am

    nice post…info bermanfaat bagi kita-kita yang gak tau menau tentang perlistrikan hehehe..
    salam kenal dari sulawesi

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:42 am

      jauh2 kesini ya.. salam kenal juga dari depok😀

    Ra said:
    April 6, 2010 at 2:40 am

    wew,
    bahasannya agk berat yah, but nice info…

    salam kenal =)

    septarius said:
    April 6, 2010 at 2:47 am

    ..
    pegawai PLN ya sob..?🙂

    thank udah sharing..😉
    ..

    yusami said:
    April 6, 2010 at 3:18 am

    kalo PLN mati, eh listriknya mati tetangga juga sama. berarti satu sambungan ya….kalau listrik nya sangat sering mati berarti apa ya…? salam sukses selalu.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:47 am

      kalau listriknya sring mati, mungkin generatornya yg rusak..haha. kok tanya saya yah..😀

    achoey said:
    April 6, 2010 at 3:39 am

    Makasih sobat
    Telah berbagi ilmu🙂

    trisnok said:
    April 6, 2010 at 4:43 am

    wow..infonya bagus banget mas..thanks ya baru tau nih listrik begitu ceritanya😀

    salam kenal

      Afif logicprobe10 responded:
      April 6, 2010 at 10:50 am

      hehe, listrik ada ceritanya juga rupanya..🙂 salam kenal juga

    Dangstars said:
    April 6, 2010 at 5:29 am

    Begitu toh alurnya…
    Makasih telah berbagi
    Mantaaapppzzxx

    Dangstars said:
    April 6, 2010 at 5:30 am

    Selamat makan siang sobat 😛

    alrisblog said:
    April 6, 2010 at 1:10 pm

    Tengqiu infonya, bro. Salam

    sunflo said:
    April 6, 2010 at 2:54 pm

    info yanag bermanfaat… tapi dari dulu aq tuh ndak mudeng dengan yang namanya perlistrikan de’… ^^ selalu aku serahkan ma para lelaki ajah… kalu ga kepepet ngejer pelajaran or kuliah ajah… (komengnya kok ga nyambung, maap…)

    Irawan said:
    April 6, 2010 at 4:01 pm

    aku pernah kuliah di elektro tapi dah lupa semua…

    ladyulia said:
    April 6, 2010 at 4:27 pm
    wi3nd said:
    April 7, 2010 at 5:42 am

    owwhh jadi tau dech akunya

    makasi yaa fiv🙂
    iyah serin9 ban9ed,pasti bilan9nya 9ardunya bedakan

    ternyataaaa..🙂

    see yuuuuuuuuuuuuuuuuuu🙂

    vimaulid said:
    April 7, 2010 at 7:58 am

    nice info..
    tetangga disamping rumah saya gt..
    kalo dirumah saya mati, pasti dia ga… kalo di rumah dy mati pasti saya ga😀

    agnes sekar said:
    April 7, 2010 at 9:53 pm

    Selamat pagi logic, luar biasa info yang bagus yang sangat saya perlukan dalam kehidupan rumah tangga yg sy jalani. Tentunya listrik merupakan kebutuhan utama maka dari itu perlu mengetahui sebab dan akibatnya, Terima kasih postingan yang bagus, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

      Afif logicprobe10 responded:
      April 9, 2010 at 9:54 am

      sukses juga untuk anda, bu sekar🙂
      trims sudah mau berkunjung..

    ade prawira said:
    May 14, 2010 at 2:36 pm

    ada lagi ndak..???

    Anonymous said:
    June 10, 2010 at 7:48 pm

    qn\ bth motr listrik 3 faza 150 pk

    naya said:
    September 29, 2010 at 8:05 pm

    keren…
    anda mmaparkan dg bahasa yg mudah dpahami..
    sy senang ‘mnemukan’ site ini, trims ud mmbantu PLN utk mmbuat masyarakat lbh tahu..

    rey.superhero said:
    October 28, 2010 at 9:49 pm

    nanya mas!!!!!!!!!!!!!!!!
    gw d kasi tugas ama asdos,,,,
    “3 fasa itu adalah turunan dari satu fasa, ap persamaannya?”
    buset bget gak tu pertanyaan,,,,
    any suggest?
    heeelllep……!!!!!!!!!!!!!

    Anonymous said:
    September 23, 2011 at 3:08 pm

    Kereennn banget infonya bro… tadinya aku gak ngerti sama sekali 1 fase dan 3 fase …

    Anonymous said:
    February 25, 2012 at 12:29 pm

    makasih gan, ane jurusan elektro semester 4 baru sekarang ngertinya! parah2 ckck. keep posting yow!

      Afif responded:
      February 24, 2013 at 11:56 pm

      semangat, saya sudah 8 semester jg banyak yg belum tahu😀

    Anonymous said:
    November 19, 2012 at 6:07 am

    maturnuwun gan. keren!

    Wika Yoshi said:
    March 31, 2013 at 11:10 pm

    mas saya masih belum paham, kalau kabel netralnya itu apakah kabel yang ada di bawah ketiga kabel saluran listrik tersebut? tetapi saya pernah memperhatikan pada beberapa tiang listrik cuma ada tiga kabel, sedangkan di bawahnya tidak ada kabel lain, saya perhatikan pada tiang listrik yang ada pada kawasan hutan, bagaimana itu mas?

    agung said:
    May 30, 2013 at 12:50 am

    trfimakasih sob atas infonya, kalo beh nanya kalo rumah ga pake grounding gmn, ada pengaruhnya ga? kalo sama petir/gledek ada pengaruhnya jga ga? klo sama pulsa listrik ada pengaruhnya jga ga?

      solik said:
      August 21, 2013 at 9:53 am

      Kalo stop kontak nggk dikasih grounding, apa efeknya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s