AM vs FM

Posted on Updated on

Apakah anda termasuk orang yang tidak pernah mendengarkan radio saat ini?:) Sudah sangat jarang sekali menurut saya, karena radio sudah kalah bersaing dengan media informasi elektronik yang lebih canggih & menarik seperti TV  dan internet. Tapi saya yakin dan percaya kalau kita semua pasti pernah mecari siaran radio baik itu FM atau AM, walaupun hanya sekedar iseng belaka😀

Mungkin anda pernah bertanya dalam hati, kenapa saluran AM itu cuma ada sedikit stasiun radio yang menggunakan, sedangkan FM banyak sekali. Kalaupun ada yang AM, suaranya rada-rada gak jelas. Jadi bisa disimpulkan bahwa saluran AM tidak laku.

Mengapa?

1. Amplitudo Modulation (AM)

Teknik ASK

Suara manusia bukanlah gelombang elektromagnetik, jadi harus diubah (konversi) terlebih dahulu kedalam sinyal digital. Sedangkan sinyal digital itu sendiri hanya dapat ditransmisikan dengan teknik modulasi. Dalam saluran AM ini, teknik yang digunakan adalah ASK (Amplitudo Shift Keying). Representasi bit 0 dan 1 dibedakan atas besarnya simpangan gelombang (amplitudo) yang punya kelemahan sbb:

  • Dapat terganggu oleh gangguan atmosfer ; kalau ada hujan, badai, atau angin sedikit kencang aja siarannya bakalan tidak terdengar di radio anda.
  • Bandwidth yang sempit juga membatasi kualitas suara yang dapat dipancarkan. ; gimana kalau bandwidt koneksi internet anda kecil, pasti halaman situs yang anda buka akan lambat. Sama seperti halnya dengan suara radio, pasti akan terdengar seperti diperlambat [kayak suara kaset kusut🙂 ]

2. Frequency Modulation (FM)

Teknik FSK

Kelebihannya sbb :

  • Modulasi frekuensi punya bandwidth yang lebih lebar daripada modulasi amplitudo.
  • FM lebih tahan terhadap gangguan sehingga di pilih untuk sebagai modulasi standart untuk frekuensi tinggi.
  • Noise lebih kecil (kualitas suara lebih baik)
  • Daya yang dibutuhkan lebih kecil.

Itulah mengapa radio FM lebih menjamur di setiap kota daripada radio AM, sehingga kalau frekuensi berubah sedikit aja (kepencet), stasiun radio nya bisa berubah pula. 105,x – 105,y – 105,z, semuanya terisi penuh! 🙂

polytechnic full education website competition 2010

60 thoughts on “AM vs FM

    alamendah biru said:
    April 10, 2010 at 10:32 am

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sudah jarang banget berduaan sama radio

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 1:46 pm

      emang sering berduaan sama siapa sekarang kang😀

    alamendah said:
    April 10, 2010 at 10:36 am

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Paling kalau lagi suntuk itupun seringnya radio streamming dari internet
    hehehehe

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 1:51 pm

      yg kuno sepertinya sudah ditinggalkan sekarang🙂

    ladyulia said:
    April 10, 2010 at 10:45 am

    wahwah
    ndak pernah denger radio lagi
    soalnya radio sekarang banyakan iklannya daripada isinya
    hiks

    xoxo
    YULIA RAHMAWATI
    Get Up,Survive, Go Back To The Bed

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 1:59 pm

      isinya juga akan terasa hambar kalau tidak ada iklan mbk🙂

    delia4ever said:
    April 10, 2010 at 11:14 am

    dulu lia pernah jadi penyiar radio.. ehehhe…
    tapi gak ngerti cara kerjanya.. cuma tau cuap2 heheheh🙂

    trims infonya jd miki2 lagi nih..😀

    setitikharapan said:
    April 10, 2010 at 12:27 pm

    Hingga saat ini masih dengerin radio kok. cuma pas acara-acara tertentu saja.

    ceuceu said:
    April 10, 2010 at 12:41 pm

    masih sering mendengar siaran radio jika di mobil…

    useful info… 🙂

    Epenkah said:
    April 10, 2010 at 1:11 pm

    iya mas, tape compo plus radioku udah kelamaan nganggur krn sptnya acara di tv dan online di internet lebih menyita waktu..
    Dulu waktu jamannya dgr radio, hampir gak pernah sih pakai frekuensi AM..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 2:42 pm

      radio kalah menarik dengan yg berbau audio visual memang🙂

    Aldy said:
    April 10, 2010 at 1:42 pm

    Sekarang ini sudah sangat jarang mendengar radio, terkecuali pada saat pulang kerumah orang tua. Bapak masih sering mendengarkan radio.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 2:43 pm

      kalau orang tua kita dulu2 mungkin punya kenangan manis dengan radio.. sesuai dg jamannya lah mas🙂

    M Mursyid PW said:
    April 10, 2010 at 1:51 pm

    Meski sudah gak pernah lagi ndengerin radio, info ini sangat bermanfaat buat saya dan tentu juga buat yang lain yang masih asing dengan dunia fisika.
    Salam!!!

    blogwalker said:
    April 10, 2010 at 2:08 pm

    radio adalah favoritku. bagaimanpun jayanya media lain seperti TV dan Internet, radio tetap media yang bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas lain. santai. nice post!

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 2:50 pm

      ya, tidak bisa dipungkiri radio juga bisa kita nikmati sambil beraktivitas🙂

    wahyu nurudin said:
    April 10, 2010 at 2:13 pm

    aku masih suka dengerion radio karena menyiarkan berita kotaku. aku blitarian dan akucinta blitar. aku benci jakarta. makanya aku suka dengerin radio. iklan blitar masih lebih enak daripada jakarta. bisa request lagu juga.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 2:54 pm

      ya, mungkin setiap kota acara radio dikemas dg cara yg berbeda2🙂

    JhezeR said:
    April 10, 2010 at 3:09 pm

    Jadi ingat ama matkul dasar telekomonunikasi dan sistem komunikasi.
    Keep Share

    anyin said:
    April 10, 2010 at 3:52 pm

    lama ngga dengar radio

    sauskecap said:
    April 10, 2010 at 3:59 pm

    saya sih sekarang jadi penggemar radio internet, tapi dengerin radio fm juga sering… saya buta soal gelombang… T_T

    ariosaja said:
    April 10, 2010 at 5:21 pm

    luar biasa infonya bos

    Abu Ghalib said:
    April 10, 2010 at 11:46 pm

    jadi ingat pelajaran semasa esteem😀
    kalo FM saya masih sering dengar
    emang jaman sekarang masih ada AM ya???
    hahahaha😀

    kakve-santi said:
    April 11, 2010 at 1:56 am

    saya penggila radio..🙂

    hohoho…
    FM memang lebih menarik dari kualitas suaranya, tapi kalo lagi iseng, AM juga menarik sebgai bahan buat tersenyum2

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 2:59 pm

      jarang ada orang sepert mbak sekarang ini pastinya🙂 selalu setia

    Siti Fatimah Ahmad said:
    April 11, 2010 at 2:14 am

    Assalaamulaikum

    Masih sering mendengar siaran radio FM. walau cara pesembahan DJ radio masa kini berbeza dengan dahulu kerana terlalu banyak iklannya, tetap mendengar juga kerana ada info yang tidak ada di ruang akhbar.

    Salam kenal dan maaf baru ada kesempatan membalas kunjungan. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 11, 2010 at 3:01 pm

      walaikumsalam. ya, salam kenal juga dari Depok Jawa Barat🙂

    luxuryhouseconcept said:
    April 11, 2010 at 4:12 am

    sekarang lbih suka ndengerin fm ,, lbih jernih

    Ra said:
    April 11, 2010 at 6:09 am

    aku kalo denger radio cuma lewat hape… :p

    tary Sonora said:
    April 11, 2010 at 6:38 am

    walahhhhh….aku aja penyiar radio baru tau sekarang “nelen BB”

    Nisa said:
    April 11, 2010 at 9:14 am

    wuih… mantebs😀

    yangputri said:
    April 11, 2010 at 2:00 pm

    oh iya gimana kabarnya radio gelombang SW ya???

      Afif logicprobe10 responded:
      April 13, 2010 at 9:33 am

      Salah satu kelemahan sw, sinyalnya yg amat tidak stabil, apalagi di perkotaan…kalah sama band lain. Dulu banyak stasiun radio yg ngembil jalur SW..🙂

    bidansmart said:
    April 12, 2010 at 6:35 am

    walaupun siaran radio AM kurang diminati..aq adalah seorang penggemar setia salah satu siaran radio AM..hampir tidak pernah ketinggalan coz isi siarannya sarat dengan muatan nasehat, ilmu dan diskusi2 tentang bagaimana memaknai hidup yang sebenarnya…..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 13, 2010 at 9:34 am

      wah, jarang2 ada yg seperti itu mbak, sekarang semua sudah didominasi FM🙂

    Asop said:
    April 12, 2010 at 8:59 am

    Hooo.. jadi begini alasannya…😀
    Iya, AM di Surabaya dulu memang sedikit. Tapi rasanya makin lama makin bertambah juga jumlah siaran di AM.🙂

      Afif logicprobe10 responded:
      April 13, 2010 at 9:36 am

      bisa jadi saluran FM di kota situ sudah penuh terpakai, sehingga mau tak mau yg punya stasiun radio beralih ke AM🙂

    Ifan Jayadi said:
    April 13, 2010 at 9:07 am

    Saya juga masih mendengarkan radio mas. Pastinya yang jalur FM. Memang nggak seaktif dahulu. Tapi, di kantor, sambil mengerjakan tugas, kadang-kadang saya sering dengarkan radio secara online, terutama i radio jakarta:mrgreen:

      Afif logicprobe10 responded:
      April 13, 2010 at 9:37 am

      memang lebih praktis radio untuk sambilan kita pada saat beraktifitas🙂

    Vyan RH said:
    April 13, 2010 at 10:04 am

    Aku listening pada SW2, SW3 untuk AM dan FM malah jarang euy..
    Porgram SW luar versi bahasa indonesia dari mulai BBC, ABC, China BS, dalam negeri masih ada RRI. Walaupun SW suka terjadi humming tapi masih cukup bisa disimak beritanya.. dan aku rasa nggak kuno deh.. karena masih dipake untuk long distance..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 14, 2010 at 7:56 am

      ya, karena SW itu frekuensinya ribuan Hz (KHZ) makanya siaran luar seperti BBC bisa ditangkap oleh kita🙂

    kyaine said:
    April 13, 2010 at 10:43 am

    setiap hari sy msh sempat dengarkan radio, paling tidak ketika berangkat/pulang kantor. radio fm tentu saja, krn klo am kualitas penerimaan tdk bagus. siaran macam BBC, DW, VOA saya dengarkan via radio fm yg merelay siaran mereka🙂

      Afif logicprobe10 responded:
      April 14, 2010 at 1:10 pm

      ya, sekarang memang byk yg merelay siaran luar, karena rata2 SW suaranya ilang timbul gara2 kebanyakan stasiun lokal🙂

    Thomas said:
    April 13, 2010 at 12:31 pm

    saya pilih SW…karena saya suka BBC London

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/12/p-s-i-love-you/

    darahbiroe said:
    April 15, 2010 at 5:14 am

    tapi sekarang sepertinya AM
    sudah mulai ditinggalkan yak
    smua beralih ke jaringan FM

    mbah bejo said:
    April 18, 2010 at 12:34 pm

    wah info menarik bos

    dan salam kenal

    Penghuni Gubug said:
    April 21, 2010 at 1:54 pm

    iya juga ya, ndak pernah terpikir sebelumnya mas… hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s