Terkaya Panas Bumi

Posted on Updated on

Bumi semakin hari terasa semakin panas, apalagi kota Jakarta sekarang. Sudahlah panas, polusi udara pulak😀 Asap-asap kendaraan bermotor, industri, rumah tangga dan sebagainya seringkali tidak disadari membuat lapisan ozon kita bolong. Sehingga panas bumi+panas matahari secara tidak langsung mengakibatkan permukaan air laut menjadi tinggi dan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia. Baru-baru ini berbagai macam solusi diupayakan termasuk energi terbarukan yang berasal dari SDA yang dapat diperbaharui dan dengan tujuan menciptakan yang ramah lingkungan. Diantaranya sumber energi tenaga surya, tenaga angin, air dan panas bumi

DAN TAHUKAH ANDA?

Berdasarkan data Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, kita memiliki potensi energi panas bumi sebesar 27.000 MW [dibaca: Mega Watt] yang tersebar di 253 lokasi atau mencapai 40% dari cadangan panas bumi dunia. Dengan kata lain, kita merupakan negara dengan sumber energi panas bumi terbesar di Dunia. [luar biasa!!]

peta lokasi

Namun, ironisnya hanya sekitar kurang dari 4 % yang baru dimanfaatkan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi krisis energi nasional, pemerintah/PT PLN akan melaksanakan program percepatan pembangunan pembangkit listrik nasional 10.000 MW tahap ke-II (2009-2013) yang salah satu prioritas sumber energi-nya adalah panas bumi (Geothermal).

Contoh PLTP yang dicangkan oleh PLN

Semoga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang direncanakan segera terealisasikan… Amin.


Sumber Referensi : lipi.go.id – wikipedia – http://www.esdm.go.id

polytechnic full education website competition 2010

65 thoughts on “Terkaya Panas Bumi

    Ifan Jayadi said:
    April 21, 2010 at 12:23 pm

    Lebih ironis lagi lho mas apa yang dialami masyarakat di daerahku Samarinda, Kalimantan Timur. Sebagai salah 1 daerah penghasil terbesar batubara, harusnya pemenuhan energi listrik tidak menjadi kendala. Kenyataannya….? Ilusi…😦

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 9:23 am

      Wah, kurang tahu saya… saya mau positif thinking ajah dulu, sambil berharap optimis🙂

        cempaka said:
        April 22, 2010 at 10:13 am

        deuh bener bgt katanya mas ifan jayadi.. secara cempaka dulu pernah tinggal disamarinda juga,,, ironis memang… hiksss

          Afif logicprobe10 responded:
          April 22, 2010 at 12:12 pm

          mungkin saja batubara disana dialokasikan ke yg lebih tepat kegunaannya🙂

    hanyanulis said:
    April 21, 2010 at 1:29 pm

    Jadi inget ama lapindo, dimana sumber enegergi migas yang di olah tak maksimal, sampai terjadi musibah kebocoran pada saat penegboran, dan sekaran makin banyak semburan2 gas metan di p[orong di semua penjuru tempat..Conba aja di negeri kita banyak profesor yang pinter2, pasti tenaga energi minyask itu bisa lebih optimal, tapi miris karena banyak orang pintar kita di bajak bangsa asing

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 9:25 am

      kejadian seperti itu memang banyak terjadi mas, mungkin tenaga ahli kita kurang mendapat apresiasi dari pemerintah…🙂

    rumahsehatafiat said:
    April 21, 2010 at 1:42 pm

    Energi ini akan terus di pakai oleh kita , apakah akan ada habisnya … Bila ya berapa lama energi itu habis.maaf saya kurang mengerti ,

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:00 pm

      panas bumi itu sama seperti air dan udara.. tidak habis, tapi berpindah-pindah…🙂

    mas kadi said:
    April 21, 2010 at 3:41 pm

    kenyataanya kita tetep miskin meskipun kita kaya sumber daya alam

    didot said:
    April 21, 2010 at 4:02 pm

    semoga cepat jadi ya pembangkit listriknya,sayang kan seharusnya bisa dimanfaatkan terbuang2 percuma..

    siapa tau suatu hari nanti bisa dimanfaatkan panas tubuh manusia??😀

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:20 pm

      mau kang? jadi objet pembangkit listrik… saya sih tidak mau🙂 aya2 wae

    Gus Ikhwan said:
    April 22, 2010 at 2:22 am

    salam sahabat,
    semoga semua sumber alam bangsa indonesia ini bisa diguinakan dengan sebaik↓3nya kan sayang kalau cuman buat cerita aja

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:42 pm

      bukan cerita yg hanya menyenangkan masyarakat, yg lama2 tenggelam di telan bumi🙂

    arif said:
    April 22, 2010 at 2:28 am

    ga ada biaya dr penguasa utk mengelola (doh)

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:43 pm

      kalau untuk kantong penguasa ada, kenapa ini tidak?🙂

    wiwin9 said:
    April 22, 2010 at 2:48 am

    ayooo selamatkan bumi kita🙂
    selamat hari bumi semua

    suri said:
    April 22, 2010 at 3:41 am

    salam..
    di malaysia pun begitu jua..

    terima kasih kerana sudi melawat blog cahayacinta.com

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:50 pm

      Apa yg begitu jua cik suri? apa disana juga banyak pltp?😀

    delia4ever said:
    April 22, 2010 at 5:31 am

    Kadang PLN cuma beralasan kurang Modal..😦 ..

    Kok aq pesimis gini ya.. 😀

    semoga bisa dimanfaatkan sebaik2nya..🙂

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:52 pm

      Gimana gak kurang modal? listriknya dicuri mulu….🙂

    uni said:
    April 22, 2010 at 7:37 am

    amin, iya panas bumi sumber daya alam yg belom optimal🙂
    btw, jangankan di jakarta di bandung saja sudah tidak sedingin dulu

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:56 pm

      begitulah uni, sekarang tatanan ekosistem kita ini semakin tidak terkendali😦

    ossmed said:
    April 22, 2010 at 7:47 am

    salam kenal nihh
    sedang blogwalking dan ketemu blog menarik ini.. ditunggu kunjungan baliknya di http://www.ossmed.com

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 12:57 pm

      oya, trims sdh berkunjung, salam kenal juga🙂

    gerhanacoklat said:
    April 22, 2010 at 8:31 am

    belakangan ini emang panasnya gak keruan deh afif
    sudah terlalu tipis lapisan ozone nya

    yangputri said:
    April 22, 2010 at 8:39 am

    Sampe bogor aja yang terkenal adem skrg panasnya juga minta ampun dah…

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 1:15 pm

      bogor sudah tak sedingin dulu lagi.. mandi pagi juga terasa biasa sekarang🙂

    nDa said:
    April 22, 2010 at 10:15 am

    dgn adanya PLTP, kira2 mengurangi global warming ga ya?

      Afif logicprobe10 responded:
      April 22, 2010 at 1:18 pm

      pasti, karena disini tidak ada proses pembakaran apa pun🙂

    re citb said:
    April 22, 2010 at 12:37 pm

    hufh.. namanya juga manusia ya, khilaf mulu g ada tobatnya =.=

    Afif logicprobe10 responded:
    April 22, 2010 at 1:19 pm

    hehe, khilaf yg mana dulu ni?🙂 trims sdh berkunjug

    Siti Fatimah Ahmad said:
    April 22, 2010 at 4:02 pm

    Assalaamu’alaikum Afif

    Bumi kian murung dan resah dengan kegiatan manusia. yang menerima akibatnya tentulah manusia itu sendiri yang akhirnya semakin risau dengan segala pencemaran yang ada di sekelilingnya.

    Di Malaysia juga begitu, situasinya sama. Hangat amat terasa walau malamnya dingin. Siangnya tentu seperti panas membara. Bumi kita sudah hilang seri hijaunya. Selamatkan bumi kita.

    Salam mesra dari saya di Sarawak, MALAYSIA.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 4:43 am

      iya bu fatimah kita ini memang seringkali membuat kerusakan di muka bumi ini.. mari bersama kita stop global warming yah bu…🙂
      Salam mesra dari Depok, INDONESIA

    ladyulia said:
    April 22, 2010 at 4:16 pm

    udah di pasang balik link nya
    thx

    terus berjuang untuk indonesia yang lebih baik
    hehehe

    xoxo
    YULIA RAHMAWATI
    Get Up,Survive, Go Back To The Bed

    ok said:
    April 22, 2010 at 4:43 pm

    luarbiasa…pantas aku ga pernah liat salju di indonesia *ya iyalah…
    harusnya panas bumi seperti itu bisa dimanfaatkan lebih baik, misalnya u/pembangkit listri daripada naikin tarif mendingan bikin terminal listrik dari panas😀

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 4:47 am

      itulah yg lagi diupayakan ok.. yg murah dan ramah lingkungan🙂 awalnya mungkin terasa berat

    kang sug said:
    April 23, 2010 at 12:02 am

    KEnyataannya tdl tetap akan dinaikkan

    bundadontworry said:
    April 23, 2010 at 12:59 am

    semoga cepat jadi dan selesai ya Mas, agar bisa dimanfaatkan, kan sayang kalau sampai mubazir.
    salam

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 4:50 am

      semoga saja bun.. biar semuanya jadi lebih baik🙂

    Deka said:
    April 23, 2010 at 4:04 am

    Amien, dan semoga amanah ini bisa di jaga dengan baik oleh para pejabat yang berwenang, jangan sampai jadi lahan baru untuk para koruptor.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 4:51 am

      jangan sampai ada kesempatan dalam kesempitan🙂

    City Hotels said:
    April 23, 2010 at 4:30 am

    city hotels, important site to guide your satifaction night

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 4:38 am

      thanks for visiting my site but i prefer stay in the kostan😀

    agnes sekar said:
    April 23, 2010 at 5:29 am

    Sejak dini pemerintah sudah menggalakkan hemat energi bahkan global warning yang tujuannya untuk tidak tercemarnya lingkungan hidup, semuanya tak lain pemerintah sudah memikirkan tentang resiko yg ada.

    Regards, agnes sekar

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 7:22 am

      Okay bu Sekar, semoga semuanya bisa menjalankan amanah dan janjinya sebaik-baiknya🙂

    bundaarun said:
    April 23, 2010 at 5:37 am

    ya mudah-mudah dengan aganya PLTP, TDL gak naik-naik mulu h3….

      Afif logicprobe10 responded:
      April 23, 2010 at 7:27 am

      ya bunda.. semoga membawa dampak yg positif bagi kita semua🙂

    Asop said:
    April 23, 2010 at 3:17 pm

    Wow.. semoga SDA ini bisa segera dimanfaatkan (dieksplorasi) oleh Indonesia dan untuk kemaslahatan bersama.🙂

    shafiragreensulaiman said:
    April 24, 2010 at 5:06 pm

    amiiin.. di aceh ada beberapa daerah yang menjadi potensi…
    (belum terealisasi sempurna sih, tapi sudah mulai dipromosikan)

      Afif logicprobe10 responded:
      April 27, 2010 at 6:06 am

      baguslah kalau begitu, mudah2an bukan janji belaka🙂

    Gadget news said:
    April 24, 2010 at 11:20 pm

    indonesia emmang kaya akan sumber daya , mantaf dah

    rose said:
    April 25, 2010 at 1:48 pm

    yah… rose rasakan bumi ini emang semakin panas…😦 dan semoga panas bumi yang ada bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya ya

      Afif logicprobe10 responded:
      April 27, 2010 at 6:12 am

      semoga saja mbak rose, demi kelangsungan hidup penghuni bumi🙂

    wahyu nurudin said:
    April 26, 2010 at 10:01 am

    harusnya kalau laut makin tinggi bumi makin adem karena airnya makin banyak. kok malah panas?

      Afif logicprobe10 responded:
      April 27, 2010 at 6:17 am

      hehehe, kl laut makin tinggi bukan adem namanya mas.. tapi kelelep😀

    chocoVanilla said:
    April 27, 2010 at 4:17 am

    Waduh, ternyata Indonesaku ini kaya terhadap segala hal. Sayangnya pemanfaatannya gak maksimal. Abis ilmuwannya pada kabur ke luwar negri :((

      Afif logicprobe10 responded:
      April 27, 2010 at 6:19 am

      mungkin saja ilmuwan kita kurang dapat apresiasi dari pemerintah🙂

    yusami said:
    April 27, 2010 at 1:05 pm

    semoga panas bumi kita bisa dimanfaatkan secara maksimal bukan hanya selalu panas suhu politik kita yang selalu makan korban rakyat. info yang bagus Mas, salam sukses selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s