Jadi Wasit?

Posted on Updated on

referees

Wasit adalah orang yang diberi kepercayaan untuk memimpin sekaligus menengahi jalannya pertandingan. Keputusannya sangat menentukan hasil dari sebuah pertandingan. Tak heran kalau keputusan wasit yang kontroversial malah dapat memicu sebuah protes keras hingga caci-maki, bahkan kontak fisik. Mungkin kita seringkali mengeluh soal wasit ketika sedang menyaksikan sebuah pertandingan secara live atau lewat TV.

“Eh, wasit mata lu taruh dimana?”, “Pelanggaran tuh sit!”, “Kok, penalty sih, Cuma kesenggol dikit ajah”.. Begitu kadang-kadang komentar kita kalau lagi nonton bola atau apalah yang bisa disebut pertandingan yang memerlukan wasit. Padahal kita kagak berani kalau ngomong langsung dengan wasitnya😀

Tapi pernahkah kita sadari, bahwa tak mudah menjadi wasit yang bertugas membuat keputusan yang seadil-adilnya?? Keadilan yang tidak menitik beratkan, tidak memihak, atau berat sebelah kepada pihak mana pun. Jadi wasit itu menurut saya adalah pekerjaan yang cukup sulit, memerlukan konsistensi, konsentrasi dan pandai membaca situasi. Saya sudah merasakannya!!

Menurut saya  ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya sebuah keputusan yang kontroversial :

  1. Wasit punya perbedaan presepsi dengan pemain/peserta mengenai peraturan
  2. Wasitnya kurang konsentrasi, karena memikirkan sesuatu, banyak pikiran, fisiknya lagi turun dan penyebab-penyebab lainnya.
  3. Wasit punya kepentingan tersendiri. Ada udang dibalik batu, atau ekstrimnya wasit disogok oleh salah satu pihak yang bertanding.

Sifat yang jauh dari tindakan sportif itu no.3, sedangkan 1 dan 2 menurut saya adalah sifat alamiah yang merupakan bagian dari setiap insan.

Oleh karena itu maklumilah keputusan wasit-wasit kita😀

Tanggal 24-25 kemarin saya disibukkan oleh kegiatan yang tidak biasa yaitu menjadi salah satu wasit perlombaan robot Line Follower nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jakarta.

Tugas saya mengangkat bendera ketika robot sampai pada setiap post (ceck point), garis finish atau melakukan pelanggaran.

Sepertinya saya mulai suka dengan pekerjaan baru saya ini:mrgreen:
Lomba ini diikuti dari beberapa universitas di Indonesia, peserta terjauh berasal dari Ujung Pandang. Dan plomba ini dimenangkan oleh tim Robo Yuki dari UGM

Walaupun anda protes, namun keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada yang merasa dirugikan atas kebijakan saya.

Salam.

29 thoughts on “Jadi Wasit?

    Masdin said:
    April 28, 2010 at 10:30 am

    Wah… hebat banget mas ini, sudah sampai jadi wasit, hehehe….. pasti agak repot nih ngatur robot-robotnya.

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 9:46 am

      Wkwk..Gak ada istimewanya mas… ini hanya pekerjaan sambilan yg mendadak😀

    121n4a said:
    April 28, 2010 at 12:35 pm

    Wasit juga manusia…tentu kadang juga bisa khilaf
    Mantap nih…wasit robot🙂

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:01 am

      haha, sebagai pelajaran buat saya supaya tidak banyak mengomentari wasit dengan kata2 yg pedas🙂

    hakim said:
    April 28, 2010 at 2:52 pm

    enakan jadi wasit robot ya mas,robotnya ga bisa ngajakin berantem..eh tapi yang punya robot yang rusuh ya..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:09 am

      hehe, iya bener.. pemiliknya yg suka rusuh🙂

    madimuktiyono said:
    April 28, 2010 at 5:06 pm

    wah aku kira wasit apa.. taunya wasit robot..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:10 am

      Itu semua cuma kebetulan sajah saya diminta panitia jadi wasit🙂

    cempaka said:
    April 29, 2010 at 1:45 am

    wah… seru kayaknya😀

    moga mas jadi wasit yang adil seadil adilnya bagi para robot2😀
    xixiix

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:14 am

      sayalah salah satu wasit kontroversial dalam pertandingan itu🙂

    sunarnosahlan said:
    April 29, 2010 at 2:14 am

    sepertinya penontin tuh paling pinter, tahu salahnya pemain tahu salahnya wasit

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:33 am

      Bener mas, memang seperti itu orang kebanyakan yg saya liat, termasuk saya😀

    cepot said:
    April 29, 2010 at 4:14 am

    wah wasit robot,, unik juga ya,, ada kartu merah tuk robot juga ga?

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:35 am

      ada, kl peserta (operator robot) melakukan kesalahan fatal, langsung di diskualifikasi🙂

    darahbiroe said:
    April 29, 2010 at 4:30 am

    wakwkak iya
    saya stuju ma mas narno
    penonton lebih jago dari pada pelatih dan wasit dan pemain sepak bola sendiri

    wakwkakwka

    sekolah internet marketing said:
    April 29, 2010 at 6:42 am

    profesi yang paling dihormati di negeri orang dan profesi paling di hindari di negeri sendiri hehe..

    Asop said:
    April 29, 2010 at 7:25 am

    Wow, hebat, jadi panitia lomba robot ya?😀

    Btw, jadi wasit futsal mudah, cuman belum pernah jadi wasit sepakbola.😆

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:38 am

      sudah pengalaman yah? futsal mudah?:D say belum pernah coba… tapi menurut saya sama ajah

    delia4ever said:
    April 29, 2010 at 7:50 am

    tidak mudah memang menjadi wasit..

    salut mas bisa menjadi wasit.. ckckckck..
    harus punya sudut pandang yg adil seadilnya tuh🙂

    sukses

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 10:56 am

      hehe, ini untuk pertama kalinya… salam sukse juga🙂

    gerhanacoklat said:
    April 29, 2010 at 9:16 am

    kereen afif jadi wasit
    kapan2 aku ikutan lomba boleh gak?😀

    Afif logicprobe10 responded:
    April 29, 2010 at 11:06 am

    Boleh jul… tahun depan ada lagi kok…😀

    agoenk70 said:
    April 29, 2010 at 12:11 pm

    wuahhh hebat banget bisa jadi wasit lomba robot ..
    salaut..salut…

    Vyan RH said:
    April 29, 2010 at 12:40 pm

    Aku ikut jadi robotnya aja mas..😀
    Btw, peserta hanya khusus universitas dari umum nggak bisa ya.. trus klasifikasinya apa saja.. sangat menarik nih..
    hatur tengkiyu..

      Afif logicprobe10 responded:
      April 29, 2010 at 1:39 pm

      Tidak mas, pesertanya umum tapi memang dinominasi oleh tim2 dari universitas. Kl tidak salah ada 2 tim yang dari salah satu SMA bogor yang ikut. pengen saya ralat postingannya🙂

    bundadontworry said:
    April 30, 2010 at 3:40 am

    keren……. Mas Afif jadi wasit.
    untung wasit utk robot ya Mas.
    kalau wasit utk persepakbolaan ngeri juga, suka dikejar2 sama pemainnya😀😀
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s