Kesetrum

Posted on Updated on

Pernahkah Anda kesetrum? Bagaimana rasanya ketika Anda bersentuhan dengan aliran listrik?

Kesetrum atau bahasa formalnya tersengat listrik, merupakan suatu peristiwa dimana sesorang merasakan kejutan pada tubuhnya ketika berhubungan dengan tegangan listrik . Ada yang berbahaya ada juga yang tidak, tergantung seberapa besar arus listrik yang melewati tubuh kita. Kadang-kadang kita perhatikan banyak orang yang terlalu TAKUT untuk kesetrum, dan ada juga yang terlalu SOK mengatakan bahwa “INI TIDAK APA-APA, GINI AJA KOK TAKUT?”:mrgreen:

Yang perlu kita ketahui, agar bisa selalu waspada dan tidak terlalu takut berlebihan :

1. Arus DC (searah) itu tidak terlalu berbahaya dibandingkan Arus AC. Namun ada batasan-batasan besar arus yang perlu diwaspadai oleh kita semua. Jika sudah melampaui batas, arus DC cenderung menyebabkan kontraksi otot yang kuat, yang seringkali mendorong jauh/melempar korbannya dari sumber arus.

Lebih detailnya, data di bawah ini menunjukkan tingkat bahaya arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia, yaitu :

Batas arus Pengaruh pada tubuh manusia
0 – 0,9 mA Belum merasakan pengaruh
0,9 – 1,2 mA Baru terasa adanya arus listrik tapi tidak menimbulkan kejang
1,2 – 1,6 mA Mulai terasa se akan2 ada yang merayap didalam tangan
1,6 – 6,0 mA Tangan sampai kesiku merasa kesemutan
6,0 – 8,0 mA Tangan mulai kaku, rasa kesemutan makin bertambah
13 – 15,0 mA Rasa sakit tak tertahankan penghantar masih dapat dilepas
15 – 20,0 mA Otot tidak sanggup lagi melepaskan penghantar
20 – 50,0 mA Dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh manusia
50 –100,0 mA Batas arus yang dapat menyebabkan kematian

2. Jangan samakan Arus AC dengan DC! Arus AC (bolak-balik) lebih berbahaya daripada tegangan AC, karena arus merupakan sinyal sinusoidal. Sinyal sinus (AC) itu punya gelombang yang punya frekuensi, sedangkan sinyal DC gelombangnya hanya berbentuk garis lurus. Efek jika kesentrum arus AC (PLN sebesar 50-60 Hz) menyebabkan otot terpaku pada posisinya, sehingga korban tidak dapat melepaskan genggamannya pada sumber listrik. (lengket). Akibatnya korban terkena sengatan listrik lebih lama sehingga arus listrik bisa saja merusak sistem kerja jantung yang bisa berujung kematian.

=================

Nah, kalau mungkin kita pernah bertanya-tanya dalam hati kecil kita : kenapa kita bisa kesetrum?? sedangkan burung yang bertengger di kabel tiang listrik PLN tidak pernah kesetrum??🙂

Jawabannya : KARENA KITA memijak bumi..!!

Tubuh kita sama saja aliran dengan aliran listrik, mengandung ion-ion bermuatan. Dan setiap yang namanya “elektron” di mana pun dia berada, maka akan selalu kembali ke bumi (grounded) dengan lintasan terpendek yang bisa ia raih. Kalau kita pernah beli kabel “MERAHHITAM”, kabel itu menandakan merah sebagai (+/VCC) dan hitam sebagai (-/GND). GND itu singkatan dari Ground(tanah). Makanya arus negatif (elektro) akan selalu menuju tanah.

burung tidak mengalami grounded

sedangkan kita? kita terhubung ke tanah (ground), tempat dimana arus (-) akan dilepaskan.

manusia terhubung ke ground

Dan satu lagi, itulah kenapa kenapa petugas PLN yang naik diatas box plastik untuk memperbaiki tiang listik tidak kesetrum saat memegang kabel (line) dengan tangan telanjang.. 😀

Sumber tabel : disini

Selamat menikmati tanggal merah!!


109 thoughts on “Kesetrum

    alamendah said:
    May 28, 2010 at 8:24 am

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sering kali masih bingung ama AC DC

      bluethunderheart said:
      May 28, 2010 at 9:22 am

      sama blue juga bingung
      salam hangat dari blue

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 12:05 am

      Yang namanya AC itu : Listrik PLN
      sedangkan DC itu : alat-alat yang minta supply dari stop kontak di rumah. Atau yang pake baterai sendiri😀

        Red said:
        May 29, 2010 at 5:37 am

        sob kalu gue bergelantungan di kabel PLN tanpa menginjak bumi tidak akan kesetrum yah?

        (emang kabelnya kuat) wkwkwkwkwk

          Afif logicprobe10 responded:
          May 29, 2010 at 6:25 am

          coba aja sendiri dulu mas, soalnya belum ada yang mempelopori tuh🙂

    naila said:
    May 28, 2010 at 8:26 am

    kesetrum..

    ngeri emang, temenku ada yang ninggal gara2 kesetrum pula, serem…

    salam kenal,

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 1:02 am

      Seseorang bisa meninggal dunia biasanya karena kesetrum arus AC berfrekuensi rendah, sehingga jantung mengalami Ventricular Fibrillation [suatu gerakan kontraksi serat otot jantung yang cepat, tidak teratur, dan tidak sinkron]

    Masdin said:
    May 28, 2010 at 9:21 am

    Wah… saya beberapa kali pernah kesetrum mas. Rasanya ada cairan asin yang keluar dari mulut, terus nyeri pada bagian yang tersentuh😀

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 1:13 am

      Cairan asin? Wah, saya belum pernah sampai kayak gitu..hehe😀

        Red said:
        May 29, 2010 at 8:52 pm

        masdin kan blogger alien wkwkwkwkwk.. dia cairan keluar dari mana mana tuh😀

    idebagusku said:
    May 28, 2010 at 12:15 pm

    saya sering kesetrum, soalnya kadang-kadang menyentuh bagian PC (komputer) untung arusnya kecil

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 1:24 am

      Ya, benar.. itu karena casing PC juga sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen yang ada di komputer. Bisa diakalin kok, coba aja selipkan ujung kabel pada sekrup dicasing dan ujung satunya lagi sambungkan ke lantai, meja atau kayu.🙂

    orange float said:
    May 28, 2010 at 3:30 pm

    aliranya kecil ataupun besar sama aja mengerikan apalagi banyak kejadian meninggal gara-gara kesetrum aliran listrik

    didot said:
    May 28, 2010 at 4:06 pm

    mau besar atau kecil males aja kesetrum mas,saya pernah kena setrum pas jilat batere aja kaget😛

    alisnaik said:
    May 28, 2010 at 11:59 pm

    selamat pagi.

    wah, pernah saya kesetrum waktu SD dulu.

    tapi setelah tahu triknya, saya berusaha untuk menghindari kesetrum dengan tidak berpijak ke bumi. biasanya sambil duduk di kursi. kaki di angkat. aman:mrgreen:

    terima kasih dan mohon maaf😮

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 1:50 am

      Wah, mentang-mentang sudah tahu jangan asal dijadiin bahan becandaan lho🙂 Kadang-kadang banyak faktor penunjang yang bikin kesetrum, ada yang basah atau isolator yang kita pegang telah berubah menjadi konduktor

    Kakaakin said:
    May 29, 2010 at 12:01 am

    Kesetrum emang bahaya banget, kadang tampak dari luar nggak knapa2, tapi jantungnya bisa terganggu.

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 2:02 am

      mungkin saja walau kita kesetrum kecil-kecilan juga punya efek pada tubuh kita

    iiN greeN said:
    May 29, 2010 at 12:48 am

    ooo gitu.. nice info nih… HERMANNya saya masih beranggapan kesetrum itu baik u/ kesehatan… “padahal… :)) he

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 2:17 am

      Emang ada ya pengobatan yang pake setrum?:mrgreen: saya gagap tentang pengobatan alternatif yag begituan..

    kang ian said:
    May 29, 2010 at 2:07 am

    owhh iya ya kekeke
    pantesan kaya yang hebat gitu jadi petugas PLN punya jampi2 apa sampe g bisa kesetrum..jadi itu toh teorinya maklum baru tau kekeke
    makasih mas afif😀

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 2:25 am

      Ya, begitulah fenomena alam kang, kadang tampak seperti magic.. padahal ada penyebabnya🙂

        kang ian said:
        May 30, 2010 at 7:46 pm

        hehe memang semua juga ada ilmunya mas😀
        salam

    Arif R. said:
    May 29, 2010 at 2:53 am

    oh jadi begitu ya critanya,, nice info mas..

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 3:21 am

      kira-kira begitu.. makasi sudah berkunjung, makasi sudah berkunjung

    yani said:
    May 29, 2010 at 5:28 am

    kunjungan balik dan salam kenal kembali🙂
    serem deh kesetrum ini, dulu pernah sekalinya kesetrum rasanya jantung mo copot, kaget banget!😦
    hmm, ada beberapa temen yg pegang gagang pintu aja udah kesetrum lho.. klo ngga salah itu krn elektrostatis.. beda ya ama yg kena AC atau DC ini?

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 6:41 am

      Elektrostatik itu kalau gak salah, loncatan muatan listrik statik dari suatu objek ke objek yang lain yang mempunyai benda potensial listrik biasanyaterjadi antara konduktor dengan konduktor. Mungkin aja gagang pintu tersambung ke sebuah sumber arus… AC/DC itu sumbernya🙂

        yani said:
        May 29, 2010 at 8:56 pm

        thx ya buat repy-nya, jd konsultasi “setrum” niy, hehe

          Afif logicprobe10 responded:
          May 29, 2010 at 9:54 pm

          sama2, sudah merupakan kewajiban saya membalas semua komen😀

    Delia said:
    May 29, 2010 at 7:08 am

    wahhhh jadi ingat diriku pernah beberapa kali kesetrum…
    rasanya bzzz… bzzz ..bzzz… wakakakakaka….
    walaupun gak sakit2 amat tapi gak mau ahh kesetrum..

    Makasih mas afif infonya…..Semoga terhindar dr kesetrum …
    Kalo kesetrum cinta gimana…. ( kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr )😛

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 7:38 am

      kesetrum cinta? haha, bingung saya mau jawab apah🙂 Kaburlaa mbak ndak ada yg ngelarang do:mrgreen:

        Delia said:
        May 29, 2010 at 8:39 pm

        sudah dijawab …
        datang lagi nih😀

          yani said:
          May 29, 2010 at 8:57 pm

          del, ktnya kabur??😀

    kanglurik said:
    May 29, 2010 at 7:50 am

    selamat siang… numpang jalan-jalan…

    temen sekosan minggu lalu kesetrum gara2 mau benerin radar otomatis aer….
    akibatnya tangannya sobek….
    ngeri dah….

    kawanlama95 said:
    May 29, 2010 at 7:55 am

    wah dulu ketika sd sering kestrum tapi kok ga kuat-kuat, kirain kalo sering kestrum bisa mempunyai kekuatan energi.yang dahsyat

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 8:05 am

      haha, kayak film kartun Dragon Ball gitu mas, bisa berubah jadi Super Seiya:mrgreen:

    Adi said:
    May 29, 2010 at 9:32 am

    Wow. , nice porting, ijin copas bwt arsip pribadi, ehehe. .

    setyantocahyo said:
    May 29, 2010 at 11:00 am

    kunjungan balik neh…

    nice post mas..
    hehe..

    salam.

    ismi said:
    May 29, 2010 at 11:05 am

    jalan2 sore mas🙂

    iema said:
    May 29, 2010 at 8:18 pm

    Beberapa waktu lalu dinding kamar mandi di kosku jg nyetrum. kebetulan lampunya konslet, apa mungkin akibat lampu yg konslet itu ya? atau ada kemungkinan penyebab yg lain??

    kok jadi konsultasi perlistrikan,,,???? hehehe…

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 8:36 pm

      kamar mandii? waduh, bahaya bgt tuh..
      Saya ndag tahu pasti, may be yes, may be no.. banyak faktor yg bisa memicu setruman. Gak tahu ni mbak, pada curhat ya saya jawab ajah..hehe:mrgreen:

    abu ghalib said:
    May 29, 2010 at 9:54 pm

    saya biasanya memperbaiki/menyambung kabel 220V tanpa mematikan saklar, yang penting jangan injak tembok ga akan ada masalah😀

    novi said:
    May 29, 2010 at 10:42 pm

    katanya karena burung hanya menginjak satu kabel yang bermuatan itu ya de…bener ga seh?

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 11:17 pm

      bener, mbak.. burung cuma bertengger di satu kabel, karena emang dia gak bisa ngangkang..🙂 Jadi arus listrik dan burung tidak berada dalam satu sirkuit

    sunflo said:
    May 29, 2010 at 10:43 pm

    dooh aq juga fernah kesetrum…😦 kaget rasanya… kek ditabok tapi kok berat banget gtu… xixixi

      Afif logicprobe10 responded:
      May 29, 2010 at 10:51 pm

      segerkan mbak, setelah itu?😀
      kalau saya rasanya nyeri, soalnya saya belum pernah ditabok:mrgreen:

    Si Paijah said:
    May 30, 2010 at 12:14 am

    blogwalking pertamax saya di sini , salam kenal nais inpo Gan soal setrum2nya, *catet

      Afif logicprobe10 responded:
      May 30, 2010 at 2:11 am

      salam kenal juga mbak paijah, tangkiu..🙂 sayang, linkmu ndag ada..

    Ifan Jayadi said:
    May 30, 2010 at 4:22 am

    wah, saya juga udah nggak kehitung berapa kali kesetrum. Untungnya masih yang ringan2. Pokoknya badan seperti mengalami getaran yang hebat dan langsung lemes seketika

    camera said:
    May 30, 2010 at 7:40 am

    wah topik nya berat tapi di ringkas jadi sederhana…

    keren banget,,,

    salam hangat,,…

      Afif logicprobe10 responded:
      May 30, 2010 at 8:26 am

      complex is easy, simple is hard..:mrgreen: Salam hangat juga, trims sudah berkunjung

    Asop said:
    May 30, 2010 at 8:09 am

    Nah…. ini dia, kesetrum.
    Waktu masih SMP saya pernah kesetrum cukup lama, untung saya bisa melepaskan diri.😦
    Sejak itu saya selalu was-was kalo memegang peralatan listrik yang nyala macem desktop. Rasanya kesetrum itu gak enak (iya lah!), ujung jari sakit, dan yang pasti jadi terkejut. Duh…

      Afif logicprobe10 responded:
      May 30, 2010 at 8:45 am

      durasi pada saat kita kesetrum juga punya efek yg berbeda-beda pada tubuh..🙂

    Ari said:
    May 30, 2010 at 8:52 am

    ooo jadi begitu… tapi saya mending ga usah deket2 ama setrum deh…

      Afif logicprobe10 responded:
      May 30, 2010 at 11:25 am

      ya deh, mbak Ari kan deketnya ma masakan dan makanan🙂

    Si Paijah said:
    May 30, 2010 at 8:54 am

    ah iya ada yang eror dua harian kemarin jadi nggak ngelink, salam kenal mas e

    Siti Fatimah Ahmad said:
    May 30, 2010 at 9:41 am

    Assalaamu’alaikum Afif

    Informasi yang bermanfaat dan senang mengetahuinya. Saya selalu merasai renjatan lestrik ini ketika memegang arial tivi (arial dalam rumah) untuk mencari siarannya. walau renjatannya sedikit, namun terasa sakit juga bagai ditusuk jarum halus. Mudahan tidak akan mengalami yang lebih teruk dari itu. Wal’iyazubillah. Salam mesra dari saya.

      Afif logicprobe10 responded:
      May 30, 2010 at 10:51 am

      walaikumsalam bu fatimah.
      Iya bu, saya juga sering seperti itu. biasanya kalau seperti itu tv telah lama dihidupkan atau ada tombol yg sudah rusak sehingga terjadi arus singkat (short circuit)
      Salam hangat

    bundadontworry said:
    May 30, 2010 at 9:46 pm

    whaaaaaa………….. bunda paling parno deh sama yang namanya perlistrikan,
    gak mau deh coba2 megang 2 apalagi ngoprek2, hiiiiiiii……….. serem
    salam

    fara said:
    May 31, 2010 at 6:39 pm

    oooooo i see, penjelasannya bagusss
    wahhhh themenya diganti,, cantik cantik like this theme

      Afif logicprobe10 responded:
      June 2, 2010 at 6:21 am

      makasi mbk fara..🙂 theme diganti, cari suasana baru,hehe

    sapta said:
    June 1, 2010 at 9:31 am

    oww. gitu yaa. klo gak pijak bumi gak bakal kesetrum.. baru tau neh aq..
    tp klo yg namannya kesetrum mah gak enak.walalupun besar tau kecil tegangannya..heheh..😀
    thanks infonya gan.. maaf baru kunjungan lg neh aq.. 😀

      Afif logicprobe10 responded:
      June 2, 2010 at 6:26 am

      Ya, sama2 mas Sapta..🙂 Saya juga hobi hiatus😀

    dreesc said:
    June 1, 2010 at 1:21 pm

    dree sering kesetrum…. hiks

    kawanlama95 said:
    June 2, 2010 at 6:20 am

    Mohon maaf, kali ini hanya meyampaikan undangan-pernikahan-sang-sahaja-dengan-pagi-bening bila memang memungkinkan , salam sehat selalu , semoga diberkahi, amien

    imtikhan said:
    June 2, 2010 at 7:19 am

    berkunjung mencari info terbaru
    terima kasih sobat

    aldy said:
    June 2, 2010 at 7:30 am

    Kalau untuk urusan tegangan listrik saya serahkan sepenuhnya kepada Ahlinya; kapok mas, dulu pernah kesetrum, untung ( masih untung juga:mrgreen: ) arusnya lemah, jadi hanya ngejungkal saja dari tangga.

      Afif logicprobe10 responded:
      June 6, 2010 at 6:46 pm

      Wah, sampai ngejungkal? berarti mas Aldi kena arus DC..😀 Kalau AC cenderung menarik kita

    darahbiroe said:
    June 2, 2010 at 11:33 am

    heheh kalu kesetrum tegangan tinggi bisa njegrak2 tuch rambutnya yak
    hehhe

    :d

    Vulkanis said:
    June 2, 2010 at 11:57 am

    Gak,,mau ah
    Gak mau kesetrum gitu deh

    ardee said:
    June 2, 2010 at 2:39 pm

    postingnya betul2 mencerahkan nih nagi masyarakat umum, apalagi ada tabel2 tingkatan arus dan resiko nya…
    mantabbb

    deny marisa said:
    June 2, 2010 at 3:39 pm

    saya sering nih kesetrum…
    tapi dulu..skrg ga..
    kan saya kerja di telekomunikasi..kadang saluran telpon mengandung listrik..
    weh..kaget banget dah..hihihi

      Afif logicprobe10 responded:
      June 6, 2010 at 7:17 pm

      owh, mbak marissa kerja di telekomunikasi toh…sudah berpengalaman sepertinya nih🙂

    agoenk70 said:
    June 3, 2010 at 6:55 am

    memang klo kita melalui perantara saat mengijaknya tidak kesetrum yah hehe…

    yoriyuliandra said:
    June 3, 2010 at 10:35 pm

    Terimakasih infonya…
    Walaupun saya tidak paham amat,
    tapi setidaknya sadar untuk tidak bermain-main dengan arus listrik

    Nice post. I really like it…🙂

    investasi emas said:
    June 4, 2010 at 5:42 pm

    aduh aku agak sensi klo bicara tntg sentrum krn wkt sekolah aku di panggil sentrum,… jd agak gmn ituuu,..

    fety said:
    June 5, 2010 at 11:09 am

    bertambah pengetahuan baru di sini🙂

    kikakirana said:
    June 5, 2010 at 1:51 pm

    weh panjang betol komengnya yang ada disini…
    kek nya lebih panjang dari postingannya dah,,,
    jadi lupa mo komeng apa >_<

    Tary Sonora said:
    June 6, 2010 at 10:35 am

    kesetrum pernah sekali, jangan lagi dch gak enak banget rasanya.

      Afif logicprobe10 responded:
      June 6, 2010 at 7:33 pm

      Oke de mbak sonora.. semoga tidak terulang kembali🙂

    bluelagun said:
    July 9, 2010 at 12:45 pm

    2x ngerasaain di strum eh kesetrum:D yg kedua parah ampe jariku gosong dan berbekas, kapok deh, ga mau lagi. klo kestrum yg lain bolehlah:P

    http://ckemboja.blogspot.com

    Anonymous said:
    July 26, 2011 at 1:27 pm

    ada yang tau gak sih..saya beberap kali kesetrum dikantor saya memegang besi yang tidak dialiri arus…Padahal temen2 saya pada kena setrum..

    Anonymous said:
    October 30, 2012 at 7:18 pm

    menyembuhkan otot kaku setelah kesetrum listrik

    Bocah Poris Blog's said:
    January 7, 2013 at 7:41 pm

    memang asyik lho berteman dengan setrum gak percaya ya kalo udah tahu ilmunya ..

    Haris Anggriawan said:
    May 13, 2013 at 8:10 pm

    kalau arus netral bahaya bagi mnusia gk mas bro?
    klu bhaya tlong penjabarannya mas bro. makasi

    Deslyanto said:
    July 13, 2013 at 7:49 pm

    Kenapa yah saya masih kesetrum listrik padahal saya sdh tdk menginjak lantai dan tdk menyentuh tembok

    opick said:
    September 9, 2013 at 4:14 pm

    klu sya kok mrasa segar klu sdh terkejut listrik

    #salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s