Hacker, Cyber Crime dan Google

Posted on Updated on

FB gue dihack orang, fif! Itulah alasan dari beberapa teman saya yang punya akun dua facebook akhir-akhir ini. Kalau sudah jatuh ke tangan orang lain, status facebook yang diekspos mungkin saja tidak akan seperti yang kita harapkan. Akhirnya, terjadilah perusakan nama baik :(
Ntah orang yang banyak salah kaprah atau perkembangan zaman yang telah mengubah kata “hacker” menjadi konotasi yang negatif (-). Hacker itu dulunya didefinisikan orang yang mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs, kemudian melaporkan untuk diperbaiki sesegera mungkin. Dan hacker tak pelit membagi ilmunya untuk khalayak umum. Namun kata “hacker” sepertinya telah menyimpang dan selalu dihubung-hubungkan dengan Cyber Crime.
Malah orang seperti itu  sekarang bekerja tidak perorangan, mereka berkomplotan dan terorganisir. Mereka adalah Cracker, orang-orang yang mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Contohnya : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
hati-hati hacker

Dan lucunya, profesi ini tak perlu mengenyam pendidikan di sebuah institusi, melainkan hanya tekun dan giat bertanya pada Mbah Google. Semuanya sudah ada di google, kita hanya butuh kemauan untuk mengoprek2 berbagai trip dan trik, serta sedikit wawasan tentang ilmu pemrograman.

Beberapa waktu lalu saya baca di sebuah media cetak, ada seorang pria asli Indonesia pernah mengaku bahwa dia habis jalan-jalan ke Bali dengan uang hasil penjualan kapal layar fiktif di dunia maya. Pembelinya orang Kanada dengan harga US $15ribu atau kurang lebih sekitar 150 juta rupiah. Dia juga mengaku tidak bekerja sendirian tapi dibantu oleh beberapa temannya. Kerjaan mereka hampir setiap hari adalah bobol membobol akun situs, blog, email, YM jejaring sosial, atau paypal. Mari kita geleng-geleng kepala, rata-rata penghasilan mereka US $1000 per-minggu! walaupun semua itu bukan uang halal :mrgreen:

Seperti yang disebutkan diawal, mereka itulah yang disebut Cracker! Mereka bekerja secara tim, yang terdiri dari Peretas/Pembobol (sekarang : hacker), negosiator (harus pintar berbahasa Inggris karena berhubungan dengan orang asing lewat telepon), Pencair Uang (harus punya rekening di dalam dan luar negeri). Perlu diketahui, menurut pengakuan mereka cara membobol akun semuanya tersedia di GOOGLE!

Berikut penuturan mereka tentang trik atau cara-cara meretas/nge-hack akun:

  1. Menebak-nebak password. Jika password salah maka “kalimat pengingat password jika lupa” akan ditebak dengan mencari tahu data pemilik Akun. Kemudian administrator layanan akan memberikan sandi baru. Cara ini dianggap cara amatiran atau cara orang yang baru belajar jadi hacker :D cara orang yang tak paham seluk beluk program peranti lunak.
  2. Alamat email yang terpampang di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau blog pribadi seseorang akan ditebak passwornya yang kemungkinan tak jauh dari nama, tanggal lahir atau data pribadi lainnya. Jika e-mail sudah dibobol maka situs jejaring sosial yang menggunakan e-mail tersebut bisa dibobol.
  3. Teknik phishing, adalah mencuri data pemilik akun beserta kata kunci dengan membuat halaman situs web palsu. Biasanya phising muncul saat pengguna salah mengetikkan halaman situs yang dimaksud. Phising juga bisa jadi adalah halaman-halaman iklan, quiz atau aplikasi yang ada di facebook, twitter atau e-bay.
  4. Membobol data administrator sebuah situs Web, adalah cara yang paling banyak digunakan peretas (hacker) saat ini. Metodenya bisa banyak. Bisa lewat program khusus semacam Comersus dan SQL Injection. Program ini tersebar di berbagai situs dan dapat diunduh secara gratis! :)

Ke-empat trik diatas telah umum digunakan. Ada satu trik khusus para hacker yang sampai saat ini masih dirahasiakan dalam “hacking site” :

Pertama-tama mereka mencari sebuah situs dengan mengetikkan sebuah karakter (hanya diketahui mereka) pada situs pencari (google). Kemudian Google akan menyebutkan situs-situs yang memiliki pagar/security yang lemah terhadap database-nya. Setelah itu situs yang diinginkan diklik, sekaligus menambahkan cgi-bin/classifieds/data/ads.log di belakang alamat situs tersebut. Ketika di-Enter akan muncul sederetan angka dan tanda baca yang terpampang dalam bentuk notepad. Alamat email dan Password ada tersembunyi di balik sederetan angka dan tanda baca tersebut, sehingga para hacker harus mengubah formatnya dengan metode enkripsi. Kemudian hasil enkripsi akan diterjemahakan dan muncullah alamat email uuser beserta passwordnya. [ Saya udah nyoba nambahin kata cgi-bin/bla-bla disebuah alamat, tapi ndag bisa!! :lol: mungkin situs yang saya pilih bukan situs berpagar lema..hehe ]

Oleh sebab itu selalu berhati-hatilah dalam menjelajah di dunia maya dengan kendaraan2 Anda (situs). Ada beberapa taktik dari saya untuk menghindari Cyber Crime :

Taktik Umum

  • Jangan pernah kasih tahu kata sandi e-mail pada siapa pun
  • Jadi orang harus kreatif dalam memilih password. Carilah kombinasi yang tidak mudah ditebak, hindari data-data pribadi seperti nama, tanggal lahir, atau hal-hal yang lumrah lainnya.
  • Gunakan variasi huruf kapital, angka, dan tanda baca untuk kata sandi anda. Catat di suatu tempat biar gak lupa!
  • Jangan gunakan 1 kata sandi dalam semua akun Anda
  • Kalau bisa jangan pake 1 alamat email untuk berbagai keperluan
  • Kalau main di warnet, kalau bisa jangan melakukan hal-hal yang bernilai penting. Atau setelah beraktifitas di warnet jangan lupa hapus aja semua daftar history!

Taktik untuk Facebook & Twitter

  • Hidden alamat e-mail Anda di halaman Profile
  • Kalau bisa jangan approve sembarangan orang tak dikenal
  • Segera hapus nomor telepon pribadi Anda, bisa jadi ada orang iseng nelpon sekaligus aksi kriminal
  • Jeli terhadap keaslian halaman facebook atau twitter. Jangan sampai tertipu oleh phising. Atau jangan terburu-buru memasukkan data pribadi pada halaman tak dikenal, apalagi email dan kata sandi anda.
  • Jika Anda curiga telah dijebak oleh phising, buru-buru tutup halaman tsb
  • Jangan suka klik link yang tak jelas :)

Semoga tips ini Bermanfaat..

==========================================================================================

Maaf, sudah lama sekali saya hilang dari peredaran. Mungkin ada yang sudah bolak-balik kesini tapi saya belum juga update. Ada urusan yang lebih urgen, lebih mustahak dari dunia perbloggingan. Alhamdulillah secara perlahan, saya kembali memulai aktifitas nge-blog mulai saat ini.. Hidup Blogger! Hidup Brazil! Bravo Spanyol! “NO Sepakbola PRAGMATIS :mrgreen:

81 thoughts on “Hacker, Cyber Crime dan Google

    masndol said:
    June 21, 2010 at 12:48 am

    dapet pertamax. diamankan dulu ya

    masndol said:
    June 21, 2010 at 12:56 am

    betul mas tips yang bermanfaat sekali
    saia baru nyadar ternyata udah segitunya yach kriminalitas di dunia maya

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 5:41 am

      banyak profesi crakcker sekarang… meraup uang seharian dan rela terpapar radiasi komputer

    sunarnosahlan said:
    June 21, 2010 at 5:23 am

    wah ngeri juga kalau cara-caranya malah mudah didapatkan di google

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 5:43 am

      apa yang gak ada di google sekarang pak guru.. semuanya tinggal ketik trus Enter :)

    agoenk70 said:
    June 21, 2010 at 6:43 am

    memang google bagai mata pisau bermta 2 yah,, hihi..
    memang klo masalah password saya pernah kecolongan gara2 email dan FB passwordnya sama, alhasil 22nya di crack hehe… dan habislah aku FB saya plus emailnya.

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 2:29 pm

      yah, kurang beruntung kalau kena mah. Kudu berhati-hati lagi.. :)

    Siti Fatimah Ahmad said:
    June 21, 2010 at 6:49 am

    Assalaamu’alaikum Afif

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    Salam mesra dari saya.

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 1:27 pm

      walaikumsalam.. insayallah nanti saya ambil bu fatimah. Saya baru akan berencana membuat halaman award :)

    kang ian said:
    June 21, 2010 at 6:49 am

    beuh mantap mas afif..hehe cita citaku menjadi seorang hacker :D
    nice info..makasih y mas ^^
    pasti sibuk terus hehe

    bundadontworry said:
    June 21, 2010 at 6:51 am

    duh, google juga memberkan cara2nya ya Mas Afif.
    ngeri juga ya, kudu hati2 nih.
    terimakasih Mas krn telah berbagi
    salam

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 2:02 pm

      ya, sama2 bunda. Google juga ladang pembelajaran ilmu hitam di dunia maya :)

    Nur Ali Muchtar said:
    June 21, 2010 at 7:28 am

    dulu pernah tertarik banget dengan dunia yang kayak gini

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 6:26 pm

      ya bgitulah, di indonesia profesi ini agak dibilang keren… :) roy suryo aja heran

    Tary Sonora said:
    June 21, 2010 at 8:00 am

    dimana ada kesempatan dan peluang selalu ada kejahatan, nggak di dunia nyata nggak di dunia maya. waspadalah…waspadalah…

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 6:28 pm

      iya,gak dapat kesempatan di nyata bisa banting stir ke maya :)

    darahbiroe said:
    June 21, 2010 at 9:50 am

    hacker tuch orang2 pintar yaw
    heheh

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 6:30 pm

      bukan pintar, tapi rajin ngoprek2 dan mencari tahu.. itu menurut saya :)

    sunandarajang said:
    June 21, 2010 at 10:03 am

    makasih informasinya
    bermanfaat bagi saya
    salam kenal

    julianusginting said:
    June 21, 2010 at 11:29 am

    pengen jd hacker..gimana caranya ya (blm berbakat :( )

    ismi said:
    June 21, 2010 at 1:31 pm

    seneng kali ya yg bisa ngehack2 gituh :lol: :lol:

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 6:33 pm

      tergantung si mbak, white hacker atau black hacker? kalau saya yg lurus2 ajah :mrgreen:

        cempaka said:
        June 22, 2010 at 3:35 pm

        kak pink hacker ada nggak?? ^^ kekekke :lol: :lol:

    omiyan said:
    June 21, 2010 at 2:13 pm

    ngeri juga ya tapi jadi penasaran hahaha

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 6:35 pm

      tapi kasihan korbannya.. coba omiyan jadi korbannya? :D

    Asop said:
    June 21, 2010 at 2:25 pm

    Wah wah wah, begitu rupanya…. :|

    Saya pikir cara paling aman adalah, jangan berinternet di warnet. :D

      Afif logicprobe10 responded:
      June 21, 2010 at 6:36 pm

      dimana pun tempat kita berinternet, punya kemungkinan di-hack orang

    Keping Hidup said:
    June 21, 2010 at 5:26 pm

    GunAKAn VariASI huRuF KApiTaL kaYAk giNI Ya :D

    tips beli rumah said:
    June 21, 2010 at 8:00 pm

    kalau ada yang ngehack fb…tu kayak gak ada kerjaan aja…..

    fitrimelinda said:
    June 21, 2010 at 9:22 pm

    tips yang sangat bermanfaat neh..

    makasi mas..

    Rina said:
    June 21, 2010 at 11:46 pm

    saya suka nonton film (korea atw jepang …lupa) yg brhubungan dgn hacker gitu..judulnya “Bloody Monday”
    asyik aja ngeliat hackernya beraksi…

    btw,,,tipsnya bermanfaat bgt… ;-)

      Afif logicprobe10 responded:
      June 22, 2010 at 6:03 am

      hmm, film korea ya mbak.. jarang2 ada adegan hacking di drama korea. Yang saya sering liat malah di film barat :D

    gerhanacoklat said:
    June 22, 2010 at 9:34 am

    ternyata orang iseng tak pernah habisnya di dunia nyata dan maya ini ya fif :D

      Afif logicprobe10 responded:
      June 22, 2010 at 6:36 pm

      Yang iseng banyak.. yang emang uda niat banyak.. :mrgreen:

    ahsanfile said:
    June 22, 2010 at 1:46 pm

    makasih mas… infonya
    ane jadi sadar selama ini ceroboh sekali dalam menjaga akun fbku…

    cempaka said:
    June 22, 2010 at 3:38 pm

    mak nyos bgt taktiknya ^^ :lol: :lol:

    mesti lebih ati2 lagi sy ^^ *karna sy teledorrr bgt*** xixiix

    mila said:
    June 22, 2010 at 4:45 pm

    hmmmm baru tau saya….terimakasih infonya :)

    Abdul Aziz said:
    June 22, 2010 at 9:17 pm

    Sedih rasanya kalau pengetahuan ICT digunakan untuk hal-hal yang merugikan orang lain. Apa lagi negeri kita ini termasuk negara yang warganya paling sering melakukan cyber crime. Konon untuk carding cukup belajar hanya setengah jam saja.

    Alangkah bermanfaat kalau ilmunya itu digunakan untuk hal-hal yang baik.

    Terima kasih.
    Salam

      Afif logicprobe10 responded:
      June 25, 2010 at 9:06 pm

      terkadang tuntutan ekonomi memaksa hati nurani untuk berbuat lain :)

    TUKANG CoLoNG said:
    June 23, 2010 at 4:55 am

    rada ngeri emang kalo maen di internet. tapi ya gimana lagi, dah terlanjur suka.:)

    hellgalicious said:
    June 23, 2010 at 9:05 am

    sebenernya hacker itu ga begitu bahaya loh
    yang jahat justru si cracker

    soalnya si hacker itu sebenernya tugasnya cuman mencari kesalahan/bug dalam website doang
    lain dengan cracker yang emang tugas udah ngerusak

      Afif logicprobe10 responded:
      June 25, 2010 at 9:12 pm

      tapi kenyataannya kata hacker lebih sering disebut :)

    tukangobatbersahaja said:
    June 23, 2010 at 1:18 pm

    thanks masukkanya.
    memang harus hati-hati dan password jangan dikasih tahu.

      Afif logicprobe10 responded:
      June 25, 2010 at 9:16 pm

      yoi mbak, kalau resep obat itu baru wajib dikasi tahu :D

    NoRLaNd said:
    June 23, 2010 at 3:03 pm

    saat membaca artikel ini, saya jadi teringat dengan salah satu mata kuliah KRIPTOGRAFI…
    dimana data merupakan sesuatu yang sangat penting =)

    sunflo said:
    June 23, 2010 at 10:44 pm

    pasarah aja deh… :(

    Nisa said:
    June 24, 2010 at 1:15 pm

    Siipp nih tipsnya :D

    fety said:
    June 24, 2010 at 6:29 pm

    kadang banyak bahasa yang mengalami penyempitan makna.
    hmm, jadi tahu cara kerja para cracker..
    jadi bertanya, kok namanya cracker yah? padahal kan ‘cracker enak dimakan’? hi..hi..

    FiyaFiya said:
    June 25, 2010 at 6:26 pm

    FB saia di hack juga. T.T
    Untung gak dimacem2in..
    Hiks hiks..
    Tips na bermanfaat..
    Skrg sgla yang kek gtu, saia protect..
    Semangat!!

      Afif logicprobe10 responded:
      June 25, 2010 at 9:22 pm

      semoga bisa belajar dari pengalaman :) akhirnya muncul juga

    Esti said:
    June 26, 2010 at 8:48 pm

    tenang… aman… saya gak punya FB :)

    ladyulia said:
    June 27, 2010 at 1:53 pm

    blog walking
    and nice infor gan :D

    Ifan Jayadi said:
    June 29, 2010 at 10:23 am

    Saya mesti hati2 nih mulai sekarang dengan si hacker (yang ternyata telah disalahartikan tsb). Paling tidak harus selalu sign out setiap selesai penggunaan

    deq said:
    June 29, 2010 at 11:16 am

    uhoo. uhoo… banyak yg salah kaprah memang. Pas temen Ayas bilang hampir sama dg postingan kawan, tapi Ayas bilang: itu bukan hacker, tapi cracker. Eeehh, Ayas disalahkan, padahal yg bener kan cracker *cemberut tingkat tinggi* :D

    ifan said:
    June 29, 2010 at 6:28 pm

    Berhati-hatilah terhadap hacker dkk

    yani said:
    July 18, 2010 at 3:11 pm

    wuah, di milis banyak banget yg nyebar virus pake email yg di hack :( YM juga

    indahkasihku said:
    July 23, 2010 at 4:52 pm

    Salam dari Indahkasihku buat Afif. Indah juga baru muncul kembali setelah lama menghilang. Indah kembali menyapa untuk menyambung silaturahmi.

    Sungguh Indah ngeri membaca tentang cracker ini. Hebat dan bijak sekali mereka boleh meredah blog dan apa sahaja dengan kepintaran akalnya. Terima kasih kerana posting ini membuatkan Indah harus berhati-hati.

    Salam keindahan.

    setyantocahyo said:
    August 6, 2010 at 12:49 pm

    saya termasuk kormannya barangkali, sampai sekarang FB ga bisa dibuka…
    setiap kali log in FB , sll diminta tuk melewati 4 langkah persyaratan yg di tentukan oleh admin FB…
    seolah2 saya dicurigai ttg keaslian status saya.., karena mungkin perbuatan hacker yg telah main2 dg sandi saya…

    Peluang Usaha said:
    March 23, 2011 at 6:03 pm

    Teknik Social Engeneering mungkin bisa ditambahkan .. teknik ini kadang yg membuat korban terlena .. be carefull dah pokoke

    arsavin666 said:
    April 18, 2011 at 4:01 pm

    kalau kasus agan pasti ada yang pasang keylogger d kompi yang agan main,jadi jebol fb bagaikan berkedip dengan mudah menjebol’a

    Resep Masakan said:
    July 6, 2011 at 11:16 pm

    Saya juga pernah kena keylogger waktu di warnet . Email juga kena tapi akhirnya masih bisa di resetpassword dengan mengirimkan verifikasi ke email cadangan yg dl diinput waktu register.

    rumah minimalis said:
    July 6, 2011 at 11:19 pm

    Crakcer memang membuat Internet menjadi tidak nyaman. Kok itu yang nipu 150juta gak dilaporin FBI aja biar dilacak.

    Layanan Seo said:
    August 19, 2011 at 3:40 am

    info yang bermanfaat gan…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s